'Mengintip' Deretan Program Tengku Rusli Ahmad Besarkan NU di Riau, Nomor 4 Luar Biasa

'Mengintip' Deretan Program Tengku Rusli Ahmad Besarkan NU di Riau, Nomor 4 Luar Biasa

22 Juli 2019
Ketua PWNU Riau, Tengku Rusli Ahmad (foto: dok/riau24group)

Ketua PWNU Riau, Tengku Rusli Ahmad (foto: dok/riau24group)

RIAU1.COM - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Riau periode 2017-2019 merupakan satu-satunya pengurus NU Indonesia yang pelantikannya dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Tentunya, ini menjadi hal yang sangat membanggakan bagi Tengku Rusli Ahmad yang dilantik sebagai Ketua PWNU Riau pada bulan Maret 2018 silam.

Tidak berhenti samapi di sana, setelah dirinya resmi dilantik sebagai pucuk pimpinan organisasi Islam terbesar di Indonesia untuk wilayah Riau, Tengku Rusli Ahmad sudah mempersiapkan sejumlah program.

Adanya banyak program Tengku Rusli Ahmad untuk perkembangan NU di Riau, mulai dari jajaran pengurus yang diisi oleh para guru besar agama Islam, hingga program 'wah' untuk membesarkan NU di Bumi Lancang Kuning.

"Para pengurus PWNU Riau terdiri dari 28 guru besar, 102 profesor S3, dan juga sejumlah lulusan S2 dan S1, yang kesemuanya ingin kemajuan NU," kata Tengku Rusli Ahmad kepada Riau1.com, Senin 22 Juli 2019.

Rusli Ahmad mengungkapkan, untuk melahirkan para kader-kader NU terbaik dari pesantren yang ada di Riau, tentunya butuh dukungan semua pihak, dan saat ini PWNU Riau telah bekerjasama dengan beberapa bank di Riau.

"Hampir sepertiga bank yang berada di bawah naungan BI telah bekerjasama dengan kita dan memberikan CSR-nya untuk mendukung pesantren-pesantren yang ada di Riau," ungkapnya.

Dirangkum Riau1.com, berikut deretan program Ketua PWNU Riau, Tengku Rusli Ahmad untuk mewujudkan misi mengembangkan, membesarkan serta melahirkan kader NU terbaik.

1. Akan membangun Kantor PWNU Riau setinggi 9 lantai di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru yang merupakan dukungan dari Pemko Pekanbaru.

2. Akan mendirikan Universitas NU di Riau yang diwacanakan pada tahun 2020 mendatang sudah mulai menerima mahasiswa baru.

3. Akan membuka NU Mart disetiap kampung di seluruh kabupaten/kota di Riau, yang menyediakan sembilan bahan pokok, serta bisa menjadi tempat bagi para petani untuk menjual hasil kebunnya.

4. Akan membangun Islamic Center NU di Kecamatan Tenayan Raya, di lahan seluas 25 hektar yang didalamnya tersedia rumah sakit, pondok pesantren, masjid, agro wisata dan juga pusat perbelanjaan syariah.

5. Bekerjasama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam upaya melestarikan dan menjaga gambut di Riau.

"Tentunya, program-program ini untuk membesarkan NU di Riau dan tidak hanya fokus pada ilmu agama, tapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat agar sejahtera," pungkasnya.