Cegah Karhutla Kian Meluas, Pemerintah Pusat Gelar Rakor Dengan Pemda Riau

Cegah Karhutla Kian Meluas, Pemerintah Pusat Gelar Rakor Dengan Pemda Riau

15 Juli 2019
Musrenbang RPJMD Riau 2019-2024 (Foto: Zar/Riau1.com)

Musrenbang RPJMD Riau 2019-2024 (Foto: Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM - Demi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat puncak musim kemarau pada bulan Agustus 2019 mendatang, Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK menggelar rapat koordinasi bersama Pemprov Riau di Hotel Premier, Pekanbaru Senin, 15 Juli 2019.

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo mengatakan agar impian ini terwujud, dibutuhkan sinergitas yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah.

"Ancaman kebakaran hutan semakin dekat, sehingga koordinasi antar kementerian dan lembaga harus dllakukan lebih awal dan intensif demi mengurangi risiko bencana," sebutnya.

Harapannya setelah rakor ini, sinergi antara pemangku kepentingan menjadi semakin meningkat. Terutama dalam manajemen penanggulangan bencana karhutla dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Riau.

Rapat ini digelar setelah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memprediksikan pada bulan Juli hingga Oktober mendatang, kondisi Riau akan lebih kering dari biasanya.

Akibatnya terjadi kenaikan jumlah hotspot yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan di Riau.