Rabu, 21 Agustus 2019

RIAU

Gubri Optimis Zakat Bisa Turunkan Kemiskinan di Riau

news24xx


Gubernur Riau, Syamsuar (foto: azhar/riau1.com) Gubernur Riau, Syamsuar (foto: azhar/riau1.com)

RIAU1.COM - Gubernur Riau, Syamsuar optimis dengan pengelolaan zakat yang baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, perlahan akan mampu mengikis jumlah masyarakat miskin di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu diuraikannya saat memimpin rapat koordinasi zakat dan iftitah gerakan masyarakat Riau berzakat di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis 23 Mei 2019.



BACA JUGA : Begini Cara Mudah Bedakan Lelang Resmi Dengan Penipuan

Mantan Bupati Siak dua periode itu optimis, lantaran mendengar survei 10 tahun terakhir, mengatakan potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp230 triliun.

"Kalau gerakan ini (zakat) secara masif kita gerakkan, saya yakin jumlah warga miskin di Riau bisa kita kurangi," kata Syamsuar.

Dampaknya, Syamsuar melanjutkan, zakat akhirnya akan membantu kinerja pemerintah daerah dalam memberantas kemiskinan.



BACA JUGA : Agar Bangsa Ini Terhindar dari Perpecahan, Sebaiknya P4 Diajarkan Kembali

Menurutnya, itu karena tidak semua program yang direncanakan dapat ditanggulangi oleh pemerintah daerah akibat tidak termasuk dalam perencanaan anggaran.

"Akhirnya zakat akan membantu tugas pemerintah daerah. Karena dari segi penganggaran, banyak yang tidak bisa kita kerjakan. Sehingga, setiap pemimpin daerah diharapkan gencar mensosialiasikan zakat pada masyarakat," tuturnya.

Syamsuar pun berharap, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Riau terurama para wajib zakat atau muzaki kepada Unit Pungumpul Zakat (UPZ) dan Badan Amil Zakar (BAZ) resmi.

 

Penulis: Azhar/R1