Polda Riau Siapkan Pengamanan untuk Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan 27 April 2019

Polda Riau Siapkan Pengamanan untuk Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan 27 April 2019

24 April 2019
Ilustrasi (Int)

Ilustrasi (Int)

RIAU1.COM -Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo menuturkan, pihaknya telah menyiapkan personel untuk pengamanan proses pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) nanti.

Adapun PSU dan PSL rencananya digelar pada 27 April 2019 nanti. Bahkan pada Rabu 24 April 2019 siang, Polda Riau menggelar rapat kesiapan untuk pelaksaan tersebut, terutama menyangkut pengamanan.

"Insya allah rencananya PSU dan PSL dilaksanakam serentak tanggal 27 April 2019. Tentu kita amankan, terutama bagi masyarakat yang belum sempat memberikan suaranya," kata Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo.

Meski demikian, jenderal bintang dua ini tidak menjabarkan detail berapa jumlah personel yang nantinya dikerahkan untuk mengamankan proses pemungutan suara ulang dan lanjutan tersebut.

Seperti diketahui, pihak Bawaslu Riau beberapa hari lalu telah merekomendasikan 112 TPS di Riau untuk PSU dan PSL. Rekomendasi dikeluarkan setelah melalui verifikasi dan pengumpulan data hasil pengawasan Pengawas TPS se Riau.

Hasil pengawasan itu kemudian dikaji dan dibahas, tepat dua hari setelah pencoblosan. Pembahasan secara konfrehensif dengan melakukan rekapitulasi kejadian khusus serta permasalahan yang terjadi di seluruh TPS di Provinsi Riau.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengawas ditiap tingkatan untuk merekapitulasi permasalahan yang terjadi di tiap TPS pada hari pemungutan dan penghitungan suara 17 April 2019 lalu.

"Berdasarkan hasil pengumpulan permasalahan yang terjadi di Provinsi Riau, sebanyak 26 TPS dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), dan 86 TPS Pemilu Lanjutan (PSL) yang tersebar di 10 Kabupaten/ Kota se Riau," tutur Rusidi.