66 Titik Api Muncul, Karhutla di Riau Kian Meluas, Dumai Diselimuti Asap Pagi Ini

66 Titik Api Muncul, Karhutla di Riau Kian Meluas, Dumai Diselimuti Asap Pagi Ini

19 Maret 2019
Penanganan Karhutla di Dumai (Foto dokumen Riau1)

Penanganan Karhutla di Dumai (Foto dokumen Riau1)

RIAU1.COM -Titik api (Firespot) yang dipicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus bertambah jumlahnya di Provinsi Riau. Pantauan citra satelit pada 19 Maret 2019 pagi, ada 66 sebaran titik api.

66 titik api tersebut terdapat di tujuh kabupaten di Riau. Dirincikan dari data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, 66 titik itu berlevel confidence di atas 70 persen.

Penyebarannya, antara lain dua titik api masing-masing di Pelalawan dan Inhil, empat titik api masing-masing di Inhu dan Kepulauan Meranti. Paling banyak terdapat ditiga kabupaten, yakni di Bengkalis, Dumai dan Rohil.

Di Bengkalis, ada 17 titik api yang penyebarannya di Kecamatan Bengkalis, Mandau, Pinggir, Rupat dan Kecamatan Siak Kecil.

Di Rohil, titik api terpantau berjumlah 19 titik, terdapat di Kecamatan Bagan Sinembah, Bangko dan Tanah Putih. Untuk di Dumai, ada 18 titik api terdapat di Kecamatan Bukit Kapur dan Dumai Barat.

Masih menurut data yang dirilis BMKG, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Riau menimbulkan munculnya kabut asap. Pada pantauan Selasa pagi, Kota Dumai sudah muncul kabut asap.