Polda Riau Kirim 10 Alat Pemadam serta 130 Brimob ke Dumai dan Bengkalis

Polda Riau Kirim 10 Alat Pemadam serta 130 Brimob ke Dumai dan Bengkalis

1 Maret 2019
Kombes Sunarto menyerahkan bantuan 10 mesin pompa robin ke posko Karhutla, Jumat sore.

Kombes Sunarto menyerahkan bantuan 10 mesin pompa robin ke posko Karhutla, Jumat sore.

RIAU1.COM -Polda Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), memberikan bantuan 10 alat pemadam taktis, untuk membantu upaya tim darat dalam mematikan kobaran api di lahan dan hutan yang terbakar.

10 alat tersebut berupa mesin pompa robin RG-300, yang diserahkan Polda Riau kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Riau, di Posko Penanggulangan Karhutla, Lanud Roesmin Nurjadin pasa Jumat 1 Maret 2019 sore.

"Kendala petugas di lapangan adalah salah satunya kekurangan sarana dan prasarana alat pemadam. Kita bantu dengan pengadaan 10 unit pompa robin RG-300," tutur Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, didampingi Kasubdit IV Ditreskrimsus AKBP Andi Yul.

Diyakinkannya, upaya pemadaman yang dilakukan sudah berdampak dengan menurun drastisnya titik api yang dipicu Karhutla, terutama di daerah Dumai dan Rupat, Bengkalis. "Dengan upaya maksimal yang dilakukan, kini sudah berkurang drastis," sebutnya.

Selain alat pemadam, Polda Riau juga mengerahkan 130 personel Brimobda untuk memperkuat Satgas darat, dalam upaya pemadaman lahan dan hutan yang terbakar. Mereka telah diberangkatkan sejak hari ini (Jumat).

"Hari ini kita turunkan BKO dari Brimob kompi A di Pekanbaru, untuk diberangkatkan ke Bengkalis sebanyak 1 SSK (100 personel) dan 1 SST (30 personel) dari Yon B di Rohil kita geser tadi pagi ke Dumai, mereka dilengkapi peralatan pemadaman," ungkap Sunarto.

Sementara untuk proses hukum terhadap pelaku pembakar lahan, Polda Riau dan jajaran Polres yang wilayahnya mengalami Karhutla juga telah meringkus enam tersangka. Satu diantaranya sudah diserahkan ke Jaksa Penuntut dan segera disidangkan.