3 Kabupaten di Riau 'Membara', Titik Panas Terpantau Alami Peningkatan

3 Kabupaten di Riau 'Membara', Titik Panas Terpantau Alami Peningkatan

12 Februari 2019
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

RIAU1.COM -Citra satelit memantau adanya peningkatan titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau pada Selasa 12 Februari 2019 pagi. Setidaknya ada tiga kabupaten yang terdeteksi adanya Hotspot.

Menurut data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada 11 titik panas terpantau di Riau, dengan level confident (kepercayaan, red) di atas 50 persen.

Itu menyebar diantaranya dua Hotspot di Kabupaten Kepulauan Meranti, dua Hotspot di Pelalawan dan terbanyak di Kabupaten Bengkalis sebanyak tujuh titik panas.

Jumlah titik panas tersebut, lebih banyak bila dibanding beberapa hari sebelumnya. Termasuk jumlah titik panas dengan level confident di atas 70 persen (Merupakan titik api).

Titik api tersebut, salah satu pemicunya adalah akibat adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Jika tak segera diantisipasi, tentunya berpotensi menyebar luas.

Loading...

Untuk titik panas berlevel confident di atas 70 persen, ada sebanyak sembilan spot, diantaranya satu di Kepulauan Meranti, dua titik di Pelalawan dan enam titik di Kabupaten Bengkalis.

Selain di Riau, titik panas juga terpantau dibeberapa provinsi di Pulau Sumatera, diantaranya Lampung satu Hotspot dan Kepulauan Riau (Kepri) lima titik panas.