Kamis, 22 Agustus 2019

POLITIK

Terduga Penyebar Hoaks, Terkait Tujuh Kontainer Surat Suara Pemilu Sudah Dicoblos Tidak Ditahan Polisi

news24xx


Surat Suara (ist) Surat Suara (ist)

RIAU1.COM -Jakarta- Polisi tidak melakukan penahanan terhadap dua orang terduga penyebar penyebaran berita bohong atau Hoaks mengenai adanya tujuh unit kontainer berisikan surat suara Pemilu yang sudah dicoblos.


BACA JUGA : Ketua SC Muktamar V PKB Bantah Lukman Edy, Semua Pengurus DPP Diundang


"Kepada 2 orang tersebut dari penyidik Siber Bareskrim tidak dilakukan penahanan tapi melakukan pendalaman terhadap keterangan yang disampaikan ke penyidik," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dikantornya, Jakarta, Jumat (4/1/2019) tadi.

Dedi menyebut, pemeriksaan mendalam itu merupakan sebagai pintu masuk untuk mendalami siapa pihak yang menyebarluaskan konten negatif itu pertama kali.

"Penyidik sudah melakukan profiling dan identifikasi siapa yang menyebarkan hoax tentang 7 kontainer tersebut, ini yang sedang didalami oleh penyidik,"  kata Dedi seperti dirilis okezone.com Jumat sore.

Polisi menangkap dua terduga itu di dua wilayah berbeda, yakni Bogor dan Balikpapan. Kedua orang yang ditangkap itu adalah HY dan LS.


BACA JUGA : Mantan Sekjen PKB Lukman Edy Tidak Diundang dalam Muktamar di Nusa Dua Bali


Dedi menyebutkan masing-masing peran dari terduga tersebut. Pasalnya, kedua orang itu sama-sama menerima konten informasi hoaks dan langsung menyebarluaskan ke lini massa tanpa mengeceknya terlebih dahulu.

"Keduanya sama menerima konten langsung diviralkan,"  pungkas Dedi.

R1/Toni