Selasa, 20 Agustus 2019

POLITIK

Tiga Gugatan Pileg 2019 untuk Kabupaten Bintan Kepri Sudah Diputus MK

news24xx


Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto: Detik.com. Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto: Detik.com.

RIAU1.COM -Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian 3 gugatan terkait Pileg 2019. KPU mengatakan pihaknya segera memerintahkan KPU Provinsi untuk menjalankan putusan MK. 

"KPU harus menerima keputusan MK karena final dan mengikat. Oleh karenanya, KPU akan segera memerintahkan KPU Provinsi untuk kemudian mensupervisi hasil dari putusan MK untuk dieksekusi," kata  Komisioner KPU Ilham Saputra dikutip dari Detik.com, Selasa (6/8/2019).

Dikabulkannya sebagian gugatan ini menjadi evaluasi bagi KPU agar lebih berhati-hati, terlebih dalam kerja petugas KPPS. Hal ini dikarenakan banyaknya kesalahan dalam penghitungan suara dari hasil penghitungan TPS (C1) ke hasil penghitungan pada tingkat Kabupaten (DA1).



BACA JUGA : PKS Langsung Pecat Kader Yang Terbukti Korupsi

"Paling bisa kita evaluasi adalah mereka harus bisa lebih hati-hati dalam melakukan rekapitulasi, jangan melakukan kesalahan-kesalahan atau upaya yang berpotensi kesalahan. Potensi kesalahan harus dieliminir, tentu di Pilkada menjadi penting untuk bahan evaluasi kami," ujar Ilham.

Dalam rangka melakukan bimtek kepada petugas KPPS, dan BPK karena kebanyakan tadi hasil C1 yang berubah di DA1. Jadi kebanyakan kesalahan di C1 karena DA1 adalah hasil koreksi dari rekapitulasi di PPK.

Ilham mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Menurutnya, KPU hanya menetapkan putusan yang telah dinyatakan oleh MK.



BACA JUGA : Dilaporkan ke Polisi, Ustadz Abdul Somad: Itu Pengajian 3 Tahun Lalu, Kenapa Diusik Sekarang

"MK memberikan keputusan untuk dijalankan langsung oleh KPU, berdasarkan penghitungan mereka. Jadi kita tidak ada PSU bukan penghitungan suara ulang, tapi menetapkan apa yang sudah diputuskan oleh MK," ujar Ilham. 

Diketahui, terdapat 3 gugatan yang diterima sebagian oleh MK. Ketiga gugatan ini yaitu, Gugatan Partai Golkar dan Partai Gerindra terkait selisih suara antar internal parpol di Bintan dan Kepulauan Riau (Kepri), serta gugatan partai PDIP atas PKS terkait penambahan suara di Kabupaten Bintan.