Tanggapi Saksi Hairul Anas di MK, Moeldoko Bantah Beri Materi Ganggu Demokrasi

Tanggapi Saksi Hairul Anas di MK, Moeldoko Bantah Beri Materi Ganggu Demokrasi

20 Juni 2019
Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko.

RIAU1.COM - Caleg PBB Hairul Anas yang menjadi saksi Kubu Prabowo-Sandi saat sidang di Mahkamah Konstitusi, kemarin memberikan pernyataan yang mengejutkan. 

Hairul Anas yang alumni Teknik ITB Bandung itu mengatakan pernah mengikuti pelatihan saksi TKN Jokowi-Ma'ruf untuk Pemilu dengan pemateri Moeldoko, Ganjar Pranowo dan Hasto. 

Hairul Anas yang keponakan Mahfud MD ini mengatakan dalam pelatihan itu Moeldoko menyampaikan istilah bahwa kecurangan adalah sesuatu yang wajar dalam demokrasi. 

 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko menyampaikan anggapan Hairul Anas, saksi tim hukum Prabowo-Sandiaga saat memberi kesaksian di sidang perselisihan pemilihan umum (PHPU) itu keliru.

Menurutnya dia tidak pernah memberikan pembekalan yang mengganggu nilai demokrasi.

Loading...

Namun ia membenarkan bahwa pernah menjadi pembicara untuk para saksi dalam persiapan menghadapi Pemilu.

"Saya (waktu itu) mengatakan kepada (calon) saksi, hey hati-hati dalam sebuah demokrasi yang mengutamakan kebebasan maka kecurangan itu bisa saja terjadi, jadi kamu para saksi harus hati-hati," kata Moeldoko di Bandara Husein, Kota Bandung, Kamis, 20 Juni 2019, seperti dilansir Antara. 

Menurut mantan Panglima TNI ini, inti dari pembekalan tersebut adalah dirinya menyampaikan bahwa para saksi harus hati-hati dalam mengawal proses Pemilu yang bisa saja terjadi kecurangan.

Dia juga menyampaikan bahwa tidak pernah mengajarkan kecurangan kepada saksi. Hal tersebut juga, kata dia, telah diakui oleh Hairul Anas sendiri dalam kesaksiannya.

"Dan itu diakui oleh Anas, dia mengakui bicara seperti ini 'tidak pernah diajarkan atau dilatih melakukan kecurangan', dia sendiri mengatakan seperti itu," kata dia sambil mencontohkan pernyataan Anas.

 

Sebelumnya pada sidang sengketa Pilpres yang menghadirkan saksi dari tim Prabowo-Sandi di MK, Rabu (19/6), Hairul Anas mengaku pernah mengikuti pelatihan untuk saksi yang diisi oleh Moeldoko sebagai pemateri.

Menurut Anas, dalam pelatihan itu memang tidak mengajarkan untuk curang. Namun, menurut Anas, seolah-olah istilah tersebut menegaskan bahwa kecurangan adalah sesuatu yang wajar dalam demokrasi.

R1/Hee