Kalah Tipis, Vietnam Hentikan Langkah Indonesia di Penyisihan Piala AFC U-23

Kalah Tipis, Vietnam Hentikan Langkah Indonesia di Penyisihan Piala AFC U-23

24 Maret 2019
Aksi skuad Timnas Indonesia U-23 lawan Vietnam di ajang penyisihan Piala AFC 2019

Aksi skuad Timnas Indonesia U-23 lawan Vietnam di ajang penyisihan Piala AFC 2019

RIAU1.COM - Penampilan Timnas Indonesia U-23 tidak terlalu gemilang di babak penyisihan Piala AFC U-23 2019 setelah dihentikan tim tuan rumah Vietnam dengan skor 0-1 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Ahad 24 Maret 2019 malam.

Indra Sjafri sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 melakukan banyak perubahan dalam susunan tim Indonesia. Mulai penjaga gawang Satria Tama yang dipasang menggantikan Awan Setho, dan beberapa posisi lain.

Pertandingan berlangsung keras sejak menit awal, dengan dibumbui banyak pelanggaran. Vietnam lebih mendominasi serangan, namun belum mampu membobol gawang Indonesia.

Sebaliknya serangan balik Indonesia yang dimotori Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaiman, dan Marinus Wanewar juga selalu mentok di lini pertahanan Vietnam.

Vietnam sempat mendapatkan peluang emas lewat tendangan bebas di luar kotak penalti Indonesia pada menit 39, namun Satria Tama mampu mementahkan peluang tersebut. Hingga babak pertama usai, kedudukan tidak berubah 0-0.

Pada babak 2 pertandingan tetap berjalan keras. Indonesia sempat mendapatkan dua peluang emas melalui Marinus dan Egy. Keduanya sempat melepaskan tendangan langsung ke gawang Vietnam, namun masih mampu ditahan kiper Bui Tien Dung.

Vietnam mampu memanfaatkan peluang tendangan sudut di injury time. Sepakan sudut Vietnam ditanduk pemain bernomor punggung 7, Trieu Viet Hung dan gol.

Kedudukan berubah 1-0 untuk keunggulan Vietnam, sekaligus memupus harapan Indonesia untuk lolos ke final Piala AFC U-23 Di Thailand tahun depan.

Timnas U-23 masih menyisakan satu laga melawan Brunei Darussalam. Namun berapapun kemenangan yang dihasilkan, tak akan berpengaruh terhadap peluang Indonesia.