Sabtu, 20 Juli 2019

POLITIK

Fenomena Alumni-alumni Dukung Capres, Seberapa Besar Efeknya?

news24xx


Sketsa Jokowi dan Prabowo. Foto: detikcom. Sketsa Jokowi dan Prabowo. Foto: detikcom.

RIAU1.COM - Perhelatan Pilpres 2019 diramaikan dengan deklarasi sejumlah alumni sekolah dan perguruan tinggi mendukung capres-cawapres. Seberapa besar efek elektoral membawa nama sekolah ke panggung pilpres?

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai deklarasi alumni sekolah atau kampus mendukung capres bertujuan untuk menggaet pemilih rasional. Citra alumni sebagai kaum terdidik diharapkan mendekatkan pemilih rasional ke pasangan capres cawapres.



BACA JUGA : PAN Beri Sinyal Akan Merapat ke Kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin

"Kampus inikan basisnya pemilih rasional, kampus itu adalah orang yang ngerti mana yang hoax mana yang tidak, kan begitu. Jadi alumni-alumni kampus ini bukan hanya mendukung salah satu paslon tapi yang paling penting harus menjadi triger, dia harus jadi garda terdepan untuk menyampaikan politik-politik kebangsaan," kata Adi kepada wartawan, Minggu (10/2/2019).



BACA JUGA : Menkopolhukam Wiranto Tegaskan Tidak Ada Penangguhan Penahanan untuk Kivlan Zen

Dilansir Riau1.com dari detikcom, Adi yakin dukungan para alumni membawa nama sekolah atau kampus akan berdampak positif terhadap keterpilihan capres cawapres. Dia juga berharap dukungan alumni-alumni-an ini bisa memperbaiki dunia politik Indonesia.

"Ketika alumni kampus, sekolah ini sudah mulai muncul ke mana-mana, dia mendukung salah satu paslon, narasi politik yang harus disampaikan kepada publik bukan kebohongan, bukan fitnah tapi narasi politik yang ini mencerdaskan kehidupan mereka," kata Adi.

Politikus Golkar yang juga Ketua DPR, Bambang Soesatyo, juga meyakini deklarasi alumni mendukung capres cawapres akan berpengaruh ke tingkat keterpilihan calon. Dukungan berbagai alumni akan memperkuat citra bahwa pasangan capres cawapres didukung banyak orang.

"Ya pasti berpengaruh (ke elektabilitas paslon) karena apa yang dilakukan masing-masing pasangan tentu untuk meyakinkan masyarakat bahwa mereka didukung orang banyak," kata Bamsoet.

Dukungan alumni ini juga diharapkan mempengaruhi swing voters. "Maka ini diharapkan mempengaruhi pemilih yang belum menentukan pilihanya. Jadi merupakan bagian dari strategi kampanye," ulas Bamsoet.