Wakil Wali Kota Pekanbaru Ajak Seluruh ASN dan Pemangku Kebijakan Budayakan Gerakan Membaca

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ajak Seluruh ASN dan Pemangku Kebijakan Budayakan Gerakan Membaca

30 Oktober 2019
Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pemangku kebijakan di Pemko Pekanbaru diajak membudayakan gemar membaca. Karena, gerakan ini sangat mendukung salah satu program Presiden Joko Widodo yaitu sumber daya manusia (SDM) unggul, Indonesia maju.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Ballroom Hotel Aryaduta, Rabu (30/10/2019), mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi budget sharing antara Pustaka Nasional, Dinas Pustaka dan Arsip Kota Pekanbaru, serta Safari Gerakan Budaya Membaca. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

"Kegiatan ini bagus sekali karena dengan membaca kita jadi tahu. Hanya dengan membaca kita punya ilmu dan keterampilan," ujarnya.

Gerakan gemar membaca ini sangat mendukung visi Kota Pekanbaru sebagai Kota Smart City Madani. Dalam Smart City ini ada enam pilar dimana salah satunya adalah smart people atau masyarakat yang cerdas.

"Kecerdasan itu bermula dari membaca," imbuhnya.

Dalam kegiatan ini telah dilantik Duta Baca, Bunda Duta Baca, dan pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB). Para duta dan pengurus GPMB ini ditugaskan membantu Pemko Pekanbaru untuk mengampanyekan gerakan gemar membaca. 

Para narasumber yang dihadirkan juga sangat inspiratif di antaranya Kepala Perpustakaan Nasional Syarif Bando, Budaya Andreo, Chaidir, dan Kang Gol A Gong dengan rumah dunianya.

"Sangat inspiratif sekali. Selama ini saya mengenal Kang Gol A Gong melalui tulisan-tulisannya karena beliau seorang novelis," ucapnya.

Ayat cukup terkejut ketika bertemu langsung dengan Gol A Gong. Ternyata, novelis ini punya keterbatasan. 

"Tetapi, itu tidak membuat beliau minder dan menjauhkan diri dari dari pergaulan. Beliau dimotivasi oleh ayahnya dengan berolahraga dan membaca. Ternyata, hasilnya luar biasa. Beliau juga sudah keliling dunia," terang Ayat.

Gol A Gong telah menginspirasi para masyarakat dunia dengan gemar membaca. Makanya, seluruh ASN, OPD, dan pemangku kebijakan di Kota Pekanbaru mari gerakan membaca ini dibudayakan.

"Gerakan ini sangat mendukung yang diwacanakan Presiden yaitu SDM unggul, Indonesia maju. Tentu untuk menjadi SDM yang unggul dimulai dari gemar membaca," sebut Ayat.