Bebas Hilir Mudik di Jalan Raya Pekanbaru, Kapolda Riau Perintahkan Truk Bermuatan Ditindak

Bebas Hilir Mudik di Jalan Raya Pekanbaru, Kapolda Riau Perintahkan Truk Bermuatan Ditindak

23 Oktober 2019
Salah satu potret truk sarat muatan yang melintas di jalan dalam kota Pekanbaru. (Riau1)

Salah satu potret truk sarat muatan yang melintas di jalan dalam kota Pekanbaru. (Riau1)

RIAU1.COM -Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi meminta jajaran Direktorat Lalu Lintas, khususnya Satlantas Pekanbaru mengambil tindakan, terhadap adanya truk bertonase dan bermuatan yang kerap ditemukan bebas lalu lalang di jalan protokol (dalam kota) Pekanbaru.

Penindakan terhadap truk sarat muatan ini dikatakan Kapolda Riau, termasuk dalam delapan poin penindakan operasi Zebra Muara Takus 2019 yang mulai digelar hari ini, Rabu 23 Oktober 2019 dan berlangsung selama dua pekan ke depan.

Dengan ditindaknya truk bermuatan yang dapat dengan mudahnya ditemukan hilir mudik di jalan protokol Kota Pekanbaru, menjadikan penindakan tidak tebang pilih, dan berlaku menyeluruh terhadap para pelanggar.

"Truk bermuatan juga menjadi target kita, itu menjadi pelanggaran, terutama menyangkut administrasi dan perilaku (Pelanggaran), itu sudah ada ketentuannya dalam aturan," sebut Irjen Agung menyikapi.

Selain truk bermuatan, Jenderal bintang dua tersebut juga meminta jajarannya menindak truk yang sengaja memodifikasi rangkanya untuk bisa memuat lebih banyak muatan. "Itu juga termasuk, dan kendaraan (selain truk) yang dimodifikasi," yakinnya.

Penindakan terhadap truk bertonase ini, juga diberlakukan di kabupaten lainnya di Riau, selain Kota Pekanbaru.

Bukan rahasia umum lagi, bila truk bermuatan dengan bebas melintas di jalan protokol di Pekanbaru, baik pada pagi hari, siang, sore ataupun malam. Ada truk membawa muatan kayu, tanah, material bangunan dan lain sebagainya.

Selain membahayakan pengendara lain karena muatannya yang terkadang over kapasitas, truk-truk tersebut juga tak jarang menimbulkan kemacetan, terutama sore hari saat jam sibuk.

Menanggapi itu, Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru AKP Emil Eka Putra mengungkapkan, akan menjadikan atensi menyoal truk-truk ini. "Akan kami atensi untuk penindakan," jawabnya singkat menanggapi arahan Kapolda Riau.