Dinas PUPR Pekanbaru Temukan Tumpukan Sampah dalam Drainase Sekitar Pasar Pusat

Dinas PUPR Pekanbaru Temukan Tumpukan Sampah dalam Drainase Sekitar Pasar Pusat

14 Oktober 2019
Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Pasar Pusat, mengalami banjir setinggi pinggang orang dewasa saat diguyur hujan deras, Minggu (13/10/2019). Penyebabnya, aliran air dari jalan tidak masuk ke drainase akibat tersumbat sampah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution di kediaman wali kota, Senin (14/10/2019), mengatakan, titik-titik banjir di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sudah dipetakan. Titik banjir tersebut didapati di depan Rumah Sakit Awal Bros dan di depan Telkomsel (persimpangan Jalan Hang Tuah dan Jalan Jenderal Sudirman).

"Kami sudah cek drainase di kedua lokasi itu. Memang banyak kotoran di dalamnya," ujarnya.

Bagian Operasi dan Pemeliharaan (OP) Dinas PUPR sudah perintahkan agar membersihkan drainase-drainase tersebut. Pembersihan dilakukan hingga tuntas.

"Drainase di depan Kantor Telkomsel itu membelah Jalan Jenderal Sudirman. Saya minta tadi agar ada yang masuk ke dalam drainase itu untuk membersihkan kotoran di dalamnya. Supaya, aliran air lancar," ungkap Indra Pomi.

Di sisi Jalan Jenderal Sudirman yang lain, tepatnya di sekitar Pasar Pusat, banyak lubang drainase yang tertutup. Sehingga, aliran air dari jalan tidak masuk ke drainase. 

Petugas OP sudah diperintah agar membongkar sampah yang membuat air tidak masuk ke drainase. Karena, drainase itu kering karena air tidak masuk.

"Drainasenya banyak sampah, termasuk di depan kantor BRI," ucap Indra Pomi.

Drainase di kawasan itu bisa saja dilebarkan. Tapi, hal butuh biaya dan waktu.

"Untuk saat ini cukup pembersihan saja," sebut Indra Pomi.