Berlanjut Hari Ini, Kedatangan Pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru Lumpuh Akibat Asap

Berlanjut Hari Ini, Kedatangan Pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru Lumpuh Akibat Asap

23 September 2019
Ilustrasi kabut asap di Pekanbaru (dok riau1)

Ilustrasi kabut asap di Pekanbaru (dok riau1)

RIAU1.COM -Kabut asap pekat yang menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau yang terus berlarut-larut tidak hanya berdampak pada kesehatan hingga melumpuhkan aktivitas pendidikan, namun juga menganggu sektor perekonomian.

Salah satunya, adalah lumpuhnya aktivitas kedatangan pesawat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kota Pekanbaru Provinsi Riau yang terjadi pada Senin 23 September 2019.

Hal serupa juga terjadi sehari sebelumnya, di mana sejumlah pesawat yang hendak mendarat (Landing) terpaksa berputar-putar di udara karena jarak pandang terbatas akibat pekatnya asap yang menyelimuti Pekanbaru. Ada pula pendaratannya yang dialihkan (Divert) ke bandara lain.

Seiring dengan kian parahnya kabut asap di Pekanbaru, menyebabkan belum ada satupun pesawat yang landing di SSK II sejak Senin pagi tadi, sampai berita ini diterbitkan. Hal itu diakui oleh pihak bandara.

"Pesawat yang landing (mendarat) belum ada karena status belum berangkat dari bandara asalnya," terang IOC Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Yogi ketika dikonfirmasi Riau1.com.

Kata Yogi, untuk alasan kenapa pesawat dengan rute tujuan ke Pekanbaru belum berangkat, disebabkan beberapa hal. Ia juga tidak menampik, alasan tersebut termasuk karena jarak pandang di Pekanbaru.

"Untuk alasan belum berangkat bisa beragam namun informasi yang kami dapat salahsatunya jarak pandang," singkat Yogi.

Sedangkan untuk keberangkatan, disampaikan Yogi bahwa ada enam pesawat yang telah take off dari Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Untuk diketahui, kabut asap kian pekat menyelimuti Kota Pekanbaru dan sejumlah daerah lainnya di Riau akibat imbas dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sebagian juga asap kiriman dari daerah lain, diantaranya Jambi dan Sumsel.