Tak Jadi Dipindahkan, Tugu Adipura Dipugar Dinas PUPR Pekanbaru Mulai Hari Ini

Tak Jadi Dipindahkan, Tugu Adipura Dipugar Dinas PUPR Pekanbaru Mulai Hari Ini

12 September 2019
Tugu Adipura di depan kantor wali kota Pekanbaru yang bolong karena lempengan kuningannya dicuri. Foto: Riau1.

Tugu Adipura di depan kantor wali kota Pekanbaru yang bolong karena lempengan kuningannya dicuri. Foto: Riau1.

RIAU1.COM -Tugu Adipura yang berlokasi di depan kantor wali kota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman dipugar mulai hari ini hingga dua bulan ke depan. Tugu Adipura ini sempat direncanakan dipindahkan karena akan dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO).

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pekanbaru Eduard Riansyah di kediaman wali kota, Kamis (12/9/2019), mengatakan, Tugu Adipura itu diperbaiki dan kembalikan ke bentuk semula lagi. Tugu ini sempat direncanakan akan dipindahkan. 

"Namun setelah dipertimbangkan dari berbagai macam aspek, maka Tugu Adipura tetap di lokasi semula yaitu di depan kantor wali kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman. Karena, kami tidak jadi membangun jembatan penyeberangan orang," ungkapnya.

Sebenarnya, Tugu Adipura akan diperbaiki pada 2018 lalu. Tapi, lempengan Adipura yang terbuka dari kuningannya harus dipesan dahulu.

Ternyata, proses pemesanan lebih dari enam bulan. Makanya, pemugaran tidak jadi dilaksanakan. 

"Pemugaran Tugu Adipura kami laksanakan tahun ini. Jadi, lempengan kuningan itu sudah selesai. Kami pesan di Boyolali, Jawa Timur," jelas Edu.

Loading...

Konsep Tugi Adipura tetap sama, tidak ada yang diubah. Hanya saja, bentuk tugu akan dipercantik lagi.

"Hari ini, kami mulai renovasi yang diawali dengan pembersihan lokasi. Renovasi dilakukan selama 60 hari kerja dengan anggaran di bawah Rp200 juta," sebut Edu. 

Untuk mengantisipasi pencurian lempengan Adipura kembali, Dinas PUPR Pekanbaru sudah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan). Kamera pengawas yang dipasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alam Mayang agar diarahkan ke Tugu Adipura.

"Saya minta masyarakat menjaga Tugu Adipura. Sebab, tugu ini aset pemerintah dan aset kita bersama," ucap Edu.