Rangkaian HUT Ke-235 Pekanbaru, Wali Kota Turun ke Sungai Siak Bersihkan Enceng Gondok dan Tanam Bibit Pohon

Rangkaian HUT Ke-235 Pekanbaru, Wali Kota Turun ke Sungai Siak Bersihkan Enceng Gondok dan Tanam Bibit Pohon

20 Juni 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus bersama rombongan Forkompimda membersihkan  enceng gondok yang tumbuh di pinggiran Sungai Siak, Kamis (20/6/2019). Foto: Istimewa.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus bersama rombongan Forkompimda membersihkan enceng gondok yang tumbuh di pinggiran Sungai Siak, Kamis (20/6/2019). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Aksi membersihkan Sungai Siak merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-235 Pekanbaru. Aksi ini dilakukan mulai dari Masjid Nurul Iman Pekanbaru, Kelurahan Kampung Baru, hingga Rumah Singgah Tuan Kadi.

Tak hanya itu, rangkaian kegiatan ini juga penanaman bibit pohon di sekitar pinggiran Sungai Siak. Bibit pohon juga diberikan kepada masyarakat dan instansi pemerintah yang ikut bergotong-royong membersihkan Sungai Siak dalam kegiatan ini.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat Pemprov Riau ikut membersihkan tanaman air dari Sungai Siak. Firdaus turun langsung ke Sungai Siak dengan menggunakan perahu karet. 

Ia membersihkan enceng gondok yang berada di pinggiran Sungai Siak. Pada kesempatan yang sama, Apatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pekanbaru, anggota TNI dan Polri, serta komunitas masyarakat membersihkan tepian Sungai Siak dari sampah.

Usai aksi bersih Sungai Siak, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, aksi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-235 Pekanbaru. Masyarakat diajak untuk mengenang sejarah bahwa lahirnya Kota Pekanbaru ini berkaitan dengan Sungai Jantan yang sekarang dikenal dengan Sungai Siak.

"Jadi, Sultan Siak yang ke-V yaitu Sultan Muhammad Ali Muazzam Syah merupaka pendiri Pekanbaru sekitar 235 tahun yang lalu. Hari ini, Sungai Siak menjadi sungai pemberi berkah bagi masyarakat Pekanbaru," ujarnya.