HUT Pekanbaru ke-235, Pemprov Riau Utus Sekda Bersih-bersih Sungai Siak

HUT Pekanbaru ke-235, Pemprov Riau Utus Sekda Bersih-bersih Sungai Siak

20 Juni 2019
Aksi Bersih Sungai Siak (Foto: Istimewa/Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pekanbaru)

Aksi Bersih Sungai Siak (Foto: Istimewa/Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pekanbaru)

RIAU1.COM -Aksi bersih-bersih Sungai Siak yang digagas oleh Kota Pekanbaru mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau, Kamis, 20 Juni 2019. Kegiatan tersebut dimulai dari Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru dan berakhir di Rumah Singgah Tuan Kadi.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menyebutkan kegiatan ini tepat karena Sungai Siak saat ini dalam kondisi kritis, rawan bencana banjir dan longsor, erosi, pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran.

"Untuk itu sudah seharuanya dilakukan kegiatan yang melibatkan semua pihak dalam aksi bersih-bersih sungai ini," imbuhnya.


Menggunakan perahu karet milik Basarnas, Walikota Pekanbaru bersama tim membersihkan sampah seperti gulma yang ada di sepanjang tepian Sungai Siak.

Tak hanya mereka, Tim lainnya melakukan aksi serupa menggunakan perahu karet dari BPBD Riau serta didukung oleh perahu masyarakat sekitar.

Aksi serupa ternyata turut dilakukan oleh ASN, petugas kebersihan dan beberapa komunitas di Pekanbaru.

Loading...

Seperti salah satu Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru. Dimana, kegiatan seperti ini juga mereka lakukan di beberapa anak sungai yang ada.

"Kami, Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru mendukung kegiatan bersih sungai yang digagas oleh Kota Pekanbaru ini," sebut juara 2 Duta Lingkungan Pekanbaru 2018-2020, sekaligus penggagas Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru, Annesa Fista.