Jumat, 19 Juli 2019

PEKANBARU

HUT Ke-235 Pekanbaru Tanpa Gunakan APBD, Pemko Andalkan Donasi Para Pengusaha

news24xx


Ketua Panitia HUT ke-235 Pekanbaru sekaligus Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.  Ketua Panitia HUT ke-235 Pekanbaru sekaligus Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-235 Pekanbaru dimulai pada 21 Juni 2019 nanti. Dalam kegiatan ini, Pemko Pekanbaru tak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal ini dikatakan Ketua Panitia HUT ke-235 Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (17/6/2019).

"Kegiatan ini tidak ada menggunakan APBD. Kegiatan kami ini partisipasi dari seluruh usahawan dan para donatur," ujarnya.

Sebagai acara pembuka, kegiatan Dragon Boat Festival dimulai pada 21 hingga 23 Juni. Acara terkonsentrasi di Sungai Siak, tepatnya di kawasan Rumah Tuan Kadi, dekat Jembatan Siak III.

"Pada 23 Juni pagi, kami ada sidang paripurna HUT ke-235 Pekanbaru di DPRD Pekanbaru. Pada 24 Juni, hari Senin, kami upacara bendera di kompleks perkantoran Tenayan Raya," papar Ami, panggilan akrabnya.



BACA JUGA : Harga Cabai Merah Bukittinggi dan Cabai Hijau di Pekanbaru Turun Hari Ini

Dalam upacara itu, seluruh lapisan masyarakat diundang. Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan silaturahmi antara masyarakat dengan ASN Pemko Pekanbaru.

"Ulang tahun ini adalah ulang tahun kita semua, ulang tahun masyarakat Pekanbaru. Kami berharap peringatan HUT ke-235 Pekanbaru ini dapat disemarakkan," harap kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru ini.

Selanjutnya, Festival Kuliner digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas mulai tanggal 28 Juni sampai 30 Juni. Festival kuliner ini berupa taman kopi. Seluruh barista (peracik kopi) di Pekanbaru membuka lapak dagangannya di taman ini. Pengusaha dari Kopi Aceh juga mau bergabung. 

"Pecinta kopi di Indonesia silakan datang ke Pekanbaru. Kami juga sedang mendiskusikan dengan barista kafe dan hotel, apakah mereka mau bersedia mendemonstrasikan pembuatan kopi," sebut Ami.

Agenda kegiatan berikutnya adalah lomba endurance ride (ketahanan berkuda) pada 29-30 Juni. Kegiatan digelar di area Wisata Dakwah Okura, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir.



BACA JUGA : Lewat Tiga Pengacara, MBC Hotel Layangkan Surat ke Kepala Satpol PP Pekanbaru untuk Buka Segel

"Pada 30 Juni pagi, kami menggelar Pekanbaru Run dengan jarak 2 Km, 3 Km, dan 5 Km, serta 10 Km. Jadi ada empat kategori," ucap Ami.

Lomba lari 2 Km untuk kategori pelajar. Sedangkan lomba lari 3 Km dan 5 Km khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sedangkan lomba lari jarak 10 Km untuk umum.

"Puncak acara pada 30 Juni malam.  Untuk malam puncak, kami meminta pihak Gojek untuk menampilkan artis dari Jakarta. Saat ini sedang dikomunikasikan," jelas Ami.

Jadi, Pemko Pekanbaru bekerja sama dengan Gojek dalam merayakan HUT ke-235 Pekanbaru. Dalam aplikasinya, Gojek akan membuat hasta atau kode promo 235. 

"Penumpang Gojek yang mau ke lokasi acara bisa gratis atau diberi diskon hingga 50 persen dengan menggunakan pembayaran Go-Pay," pungkas Ami.