Selasa, 18 Juni 2019

PEKANBARU

Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran Tidak Akan Terjadi di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Ini Alasannya

news24xx


Loket penjualan tiket kapal di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru terlihat sepi menjelang Lebaran tahun ini. Foto: Surya/Riau1. Loket penjualan tiket kapal di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru terlihat sepi menjelang Lebaran tahun ini. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Lonjakan penumpang mudik Lebaran tidak akan terjadi di Pelabuhan Sungai Duku Pekabaru, Riau. Pasalnya, angkutan sungai dari Pekanbaru tak begitu diminati lagi sejak dibangunnya beberapa jembatan melintasi Sungai Siak.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perhubungan untuk Pelabuhan Sungai Duku Sudarmin saat ditemui di ruangannya, Rabu (22/5/2019), mengatakan, peningkatan penumpang saat mudik Lebaran akan terjadi pada H-7. Cuma nampaknya, lonjakan penumpang tidak ada di Pelabuhan Sungai Duku. 

Pasalnya, kapal dari Kabupaten Bengkalis tujuan ke Pekanbaru tidak ada lagi. Sedangkan, kapal dari Kabupaten Siak hanya satu kapal.

"Saat ini, masyarakat lebih banyak menggunakan akses darat. Makanya prediksi kami, angkutan sungai ini kemungkinan tidak ada lonjakan penumpang," ucap Sudarmin.



BACA JUGA : Gubernur Riau Dukung Kebutuhan Pemko Pekanbaru Atasi Banjir Kiriman dari Sungai Bintungan Kampar

Meski begitu, angkutan sungai dari Pekanbaru ke Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, masih banyak diminati. Hanya saja, penumpangnya harus turun naik kapal untuk menempuh jalur darat dengan bus yang disediakan masing-masing perusahaan pelayaran sungai ini.

"Seperti pemudik dari Pekanbaru ke Selat Panjang. Penumpang naik kapal dari Pekanbaru ke Perawang. Selanjutnya, penumpang naik bus dari Perawang untuk menuju Tanjungbuton. Dari Tanjungbuton, penumpang melanjutkan perjalanan ke Selat Panjang dengan kapal feri," papar Sudarmin.

Makanya, penumpang dari Pekanbaru tujuan Selat Panjang diimbau agar tidak membawa barang berlebihan. Karena, penumpang harus turun naik kapal melewati jalur darat dengan bus.

Untuk diketahui, armada yang beroperasi di Pelabuhan Sungai Duku antara lain, Jelatik, Meranti, Forti, dan Nagaline. Saat ini, ada satu kapal Meranti rusak.



BACA JUGA : HUT Ke-235 Pekanbaru, Masyarakat Diajak Ikut Bersihkan Sampah di Sungai Siak

Diharapkan, dalam dua hari ini jalan. Jadi, kapal Meranti yang beroperasi hanya dua kapal saat ini. Sedangkan kapal Jelatik sedang naik dock (masa perbaikan di galangan kapal).

"Jelatik baru berangkat dari Pekanbaru ke Selat Panjang hari Kamis nanti Sekarang sedang naik dock tahunan di Pekanbaru," ungkap Sudarmin.

Sementara itu, Nova, salah seorang karyawan penjualan tiket kapal feri Nagaline mengatakan, penumpang yang berangkat ke Selat Panjang sekitar 30 orang setiap hari. Sedangkan lonjakan penumpang mudik Lebaran akan terjadi mulai H-7. 

Jumlah penumpang saat itu mudik Lebaran bisa mencapai 101 orang setiap hari untuk satu kapal. Hal itu juga terjadi saat balik mudik.

"Untuk hari biasa seperti ini, penumpang kami hanya sekitar 30 orang. Namun beberapa hari ini, penumpang kami naik sedikit karena salah satu kapal Meranti rusak," ungkapnya.