400 Umat Buddha se-Pekanbaru Gelar Karya Bakti di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma

400 Umat Buddha se-Pekanbaru Gelar Karya Bakti di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma

5 Mei 2019
Ratusan umat Buddha se-Pekanbaru gelar karya bakti di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru (foto: barkah/riau1.com)

Ratusan umat Buddha se-Pekanbaru gelar karya bakti di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru (foto: barkah/riau1.com)

RIAU1.COM - Menyambut perayaan Trisuci Waisak 2563 yang jatuh pada tanggal 19 Mei 2019 mendatang, seluruh umat Buddha di Kota Pekanbaru, Riau mengawali kegiatan dengan menggelar karya bakti di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Ahad 5 Mei 2019.

Tahun ini, antusias umat Buddha di Pekanbaru yang ikut serta dalam kegiatan karya bakti cukup tinggi. Sedikitnya, ada sekitar 400 orang yang ikut dalam kegiatan gotong royong membersihkan Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma.

"Jumlah peserta tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, dan kegiatan karya bakti ini memang rutin digelar mengawali rangkaian perayaan Trisuci Waisak," kata PIC Trisuci Waisak, Alex Sidik kepada Riau1.com.

"Kegiatan karya bakti ini digelar serentak oleh seluruh umat Buddha di Indonesia pada hari yang sama dan waktu yang sama, yakni pukul 07.00 WIB," sambung Sidik yang juga Ketua Walubi Kota Pekanbaru tersebut.

Sementara itu, Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Tarjoko menjelaskan, karya bakti ini sebagai bentuk rasa syukur dan terimakasih kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk membela negara dari tekanan bangsa asing.

"Karya bakti dengan bergotongroyong membersihkan Taman Makam Pahlawan ini juga merupakan wujud pengamalan ajaran agama Buddha," ucap Tarjoko didampingi Ketua Walubi Riau, Kong On dan Humas Panitia Waisak Bersama 2563/2019, Nata Hedy Nyo.

Loading...

Tarjoko mengungkapkan, Kemenag Riau menyambut baik kegiatan positif ini dengan tujuan mempererat persatuan dan kesatuan umat Buddha, karena dihadiri seluruh majelis, organisasi, lembaga keagamaan Budhha dan juga mahasiswa Budhis se-Pekanbaru.

"Kita harapkan kegiatan ini bisa terus dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka menyambut perayaan Trisuci Waisak 2563 tahun 2019," pungkasnya.

Selain karya bakti ini, masih ada rangkaian kegiatan lainnya dalam menyambut Trisuci Waisak, diantaranya bakti sosial berupa bagi-bagi sembako dan donor darah.

Pada tanggal 17 Mei 2019 mendatang juga akan digelar pawai Waisak yang rencananya akan digelar di Kampung Tionghoa Melayu (KTM), tepatnya di Jalan Karet, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.