Sudah 2 Bulan Buka di Pekanbaru, RM Saoenk Kito Tak Punya Izin Laik Higienis hingga IMB

Sudah 2 Bulan Buka di Pekanbaru, RM Saoenk Kito Tak Punya Izin Laik Higienis hingga IMB

21 Maret 2019
Tim saat mengecek dokumen RM Saoenk Kito (Foto: Riau1)

Tim saat mengecek dokumen RM Saoenk Kito (Foto: Riau1)

RIAU1.COM -Rumah Makan (RM) Saoenk Kito di Jalan Samratulangi, Kota Pekanbaru - Riau disegel tim dari Pemko yang diback up aparat Polresta pada Kamis 21 Maret 2019 siang. Upaya tegas itu diambil setelah usaha ini tak punya satu pun dokumen perizinan.

Hal itu, diakui Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru Quarte Rudiyanto, usai menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di rumah makan tersebut.

"Setelah kita cek, ternyata belum punya izin sama sekali, IMB belum ada, TDUP dan TDP, layak higienis tidak ada. Untuk mendapatkan itu harus ada rekomendasi, mulai Camat, Dinas Kesehatan, Dinas LHK. Ada tim kita juga yang tinjau," terangnya.

Querte pun menyayangkan hal itu terjadi. Atas dasar tersebut, pihaknya terpaksa menyegel RM Saoenk Kito dan tidak boleh buka sementara waktu hingga seluruh persyaratannya dipenuhi.

"Sebelum membangun mestinya harus dipenuhi dan dipatuhi syaratnya. Harus mendapat semua rekomendasi itu, dari DLHK, Camat, Dinas Kesehatan," tutur Querte yang diwawancarai Riau1.com usai penyegelan dilakukan.

Querte melanjutkan, tempat usaha makan Saoenk Kito diketahui sudah beroperasi selama dua bulan belakangan. Ia.menegaskan, akan melalukan langkah serupa untuk usaha rumah makan lainnya, jika memang tidak mengantongi izin.

Dalam Sidak dan penyegelan ini, juga hadir Kapolsek Senapelan Kompol Agung Tri Adiyanto dan jajarannya. Tampak pengelola diminta menunjukkan dokumen-dokumen usaha, sebelum petugas dari dinas menyegel rumah makan tersebut.

RM Saoenk Kito cukup ramai pengunjung. Bahkan ruas Jalan Samratulangi depan rumah makan tersebut juga kerap macet. "Kita juga mendapat laporan masyarakat setiap harinya, setiap lewat sini selalu macet. Mengantisipasinya kita lakukan cipta kondisi," kata Agung.