Baru Saja! RM Saoenk Kito di Jalan Samratulangi Pekanbaru Disegel Tim Gabungan

Baru Saja! RM Saoenk Kito di Jalan Samratulangi Pekanbaru Disegel Tim Gabungan

21 Maret 2019
Garis segel yang dipasang di RM Saoenk Kito, Jalan Samratulangi Pekanbaru (Foto: Riau1.com)

Garis segel yang dipasang di RM Saoenk Kito, Jalan Samratulangi Pekanbaru (Foto: Riau1.com)

RIAU1.COM -Rumah makan (RM) Saoenk Kito yang terletak di Jalan Samratulangi Kota Pekanbaru, Riau disegel tim gabungan dari pemerintah kota diback up aparat kepolisian, Kamis 21 Maret 2019 siang.

Tempat makan yang kerap ramai oleh pengunjung itu disegel, dan dilarang beraktivitas sementara waktu. Penyegelan dilakukan setelah tim melakukan pemeriksaan dokumen perizinan usaha.

Bukan tanpa sebab, RM Saoenk Kito disegel lantaran kedapatan tidak memiliki satu pun izin. Itu diketahui setelah petugas memeriksa dokumen mereka dalam inspeksi mendadak (Sidak) pada Kamis siang.

Dalam Sidak ini turun langsung Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru Quarte Rudiyanto, serta Kapolsek Senapelan Kompol Agung Tri Adiyanto bersama jajarannya.

Quarte yang diwawancarai Riau1.com usai penyegelan menjelaskan, tindakan itu diambil pihaknya lantaran pengelola RM Saoenk Kito tidak mengantongi satu pun dokumen perizinan usaha. Jelas hal tersebut adalah pelanggaran.

"Dengan demikian kita lakukan penyegelan untuk menjaga-jaga, salah satunya dari makanannya, kalau dari makanan ada sesuatu merugikan masyarakat. Kita menghindari itu terjadi," katanya didampingi Kapolsek Senapelan.

Sebab, rumah makan Saoenk Kito salah satunya tidak punya izin layak higienis. "Layak higienis harus ada untuk setiap rumah makan, itu menentukan kualitas apakah makanan layak dimakan atau tidak," tegas Quarte.

Dengan penyegelan tersebut, aktivitas di rumah makan ini harus berhenti buka sementara waktu. Segel itu dipasang petugas di sepanjang bagian depan Saoenk Kito. Penyegelan ini, juga disaksikan oleh pengelola dan karyawan-karyawannya.

Tak hanya tidak mengantongi izin, Jalan Samratulangi di depan rumah makan Saoenk Kito juga kerap macet. Ini juga akan ditinjau, terkait syarat area parkirnya. "Nanti dari IMB kita bisa lihat, sudah sesuai aturan atau belum. Mereka kan kita punya IMB," singkat dia.