Sabtu, 17 November 2018

OPINI

Butuh Rakyat Saat Pergi Berburu

news24xx


 El Wahyudi Panggabean El Wahyudi Panggabean

Riau1.com -That men do not learn very much from the lessons of history is the most important of all the lessons of history.

(Pria yang tidak belajar banyak dari pelajaran sejarah adalah hal terpenting dari semua pelajaran sejarah - Aldous Huxley)

BY : El Wahyudi Panggabean

Jejeran tanda jasa  yang pernah tersemat di dadanya, mungkin membuat kita kagum. Hingga tak sedikit yang melebelnya sebagai patriot.

Lantas, kita pun mengidolakannya. Sayang, sejarah punya banyak versi. Masa lalunya disebut-sebut berjejak pengecut yang menggantung pada tirani nepotisme.

Noda sejarah mungkin terlalu menghunjam. Hingga sulit ditutupi dengan sekadar merauf doa-doa dari rumah-rumah ibadah yang saat berkuasa jarang dia kunjungi...

Kini pintu yang dia  ketuk tak kunjung terbuka. Mungkin pintu "langit" terlanjur merekam jejaknya. Ada bercak noda (?)

Reputasinya yang diabadikan media massa di masa silam melapuk ditindih integritas jurnalisme kontemporer. Biarlah itu bersemayam di lembaran kliping yang dicumbui rayap.

Hari ini, dia kembali bersama  para loyalis di bawah keangkuhan bahunya yang masih kekar. Sayang,  orasi yang dia tebar terlalu klise 'tuk dimentahkan.

Meski dia kerap berlindung di balik ayat-ayat kitab suci. Lebih mudah memahami bias iri pada makna kata-katanya.

Peristiwa kelam masa silam itu memang sudah lama berlalu. Namun, tragedi selalu menyisakan kesaksian sejarah.

Kini, isu yang dia angkat sebagai  tameng untuk merebut simpati rakyat ternyata tak mampu membuka jalan. Entah kapan masanya bulan purnama.

Mohon, jangan merasa  butuh rakyat saat mau pergi berburu (saja). Politik itu mahal. Termasuk untuk membayar sebuah kekalahan.

Karena, sesungguhnya: Tuhan tak pernah tertidur. Tidak pernah....

BY : El Wahyudi Panggabean

R1/Toni