Ayo Saksikan, Tour de Singkarak 4-11 November Lewati Rute Bukittinggi -Sijunjung -Batusangkar

Ayo Saksikan, Tour de Singkarak 4-11 November Lewati Rute Bukittinggi -Sijunjung -Batusangkar

2 November 2018
Ilustrasi Tour de Singkarak.

Ilustrasi Tour de Singkarak.

RIAU1.COM - Siapa yang ingin menyaksikan pembalap internasional berlomba di Tour de Singkarak akan melewati rute berikut ini.

Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat (Sumbar) akan dilalui oleh empat etape (stage) dalam pelaksanaan even olahraga Tour de Singkarak (TdS) ke-10 tahun 2018.

Seperti dikutip Riau1.com dari Antaranews.com, Jumat 2 November 2018, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto di Batusangkar, mengatakan dari empat etape tersebut, salah satunya akan finish di Istano Basa Pagaruyuang.

"Tour de Singkarak merupakan salah satu event bertaraf internesional, dan juga salah satu dalam 100 Wonderful Indonesia," katanya.

Oleh sebab itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk ikut memeriahkan kegiatan tersebut, terutama ketika melewati beberapa daerah yang ada di Tanah Datar.

Selain itu ia juga meminta agar masyarakat untuk tetap berhati-hati ketika para pembalap melintasi daerah tersebut, terutama pada etape 3 pada 6 November. Karena pada etape itu iring-iringan pembalap dengan kecepatan tinggi akan melewati kota Batusangkar sebanyak dua kali.

Beberapa daerah di Tanah Datar yang akan dilewati oleh TdS tahun ini adalah dimulai dari etape I yang akan digelar pada Minggu (4/11) dengan jalur sepanjang 122,7 kilometer dari Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Sijunjung dengan melewati Tabek Patah, Sungai Tarab, Kota Batusangkar, Istano Basa Pagaruyung, Saruaso  dan Sitangkai. Selanjutnya etape 3 yang digelar pada  Selasa, 6 November akan menempuh jarak sepanjang 100,6 kilometer yang dimulai dari Kabupaten Solok menuju Tanah Datar.

Daerah yang dilewati pada rute tersebut adalah Dermaga Singkarak, Saniang Baka, Malalo, Batu Taba,  Kubu Karambia,  Pariangan, Limo Kaum, Pasar Batusangkar, Lapangan Gumarang, Pagaruyung,  Bukit Gombak, Piliang,  Pincuran 7, Batusangkar,  Lapangan Gumarang dan finish di Istano Basa Pagaruyung.

Pada etape 6, dari Kota Solok, Kota Payakumbuh akan menempuh jalur sepanjang 103,5 kilometer, daerah di Tanah Datar yang akan dilewati adalah Batu Limbak, Simpang Ombilin, Rambatan, Dobok, Pincuran 7, Pasar Batusangkar,  Simpang BPD,  Sungai Tarab dan Salimpaung.

Terakhir pada etape 7 dari Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok Selatan dengan jalur sepanjang 193,7 kilometer akan melalui Simpang Kubu Karambia dan Ombilin.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan dalam pelaksanaan kali ini, Kota Wisata Bukittinggi terpilih menjadi lokasi ""grand start" Tour de Singkarak ke-10 tahun 2018.

Event  yang akan dimulai pada tanggal 3 hingga 11 November tersebut akan berakhir di Kota Pariaman menjadi "grand finish". 

R1/Hee 

Loading...