Leani Ratri Oktila Tiba di Indonesia, Menpora: Target-target Tercapai Bahkan Terlampaui

Leani Ratri Oktila Tiba di Indonesia, Menpora: Target-target Tercapai Bahkan Terlampaui

7 September 2021
Menpora bersama atlet

Menpora bersama atlet

RIAU1.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora) Zainudin Amali mengaku bangga dan bersyukur karena pahlawan olahraga sudah kembali ke Tanah Air dan juga telah membawa hasil dan mengukir prestasi yang membanggakan bangsa dan negara sebab sudah berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020. 

Ungkapan bangga tersebut disampaikan Menpora saat menjemput kloter terakhir Tim Paralimpiade Tokyo 2020 di VVIP Room Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten, Selasa pagi (7/9/21). 

Kedatangan pahlawan olahraga tersebut langsung disambut oleh Menpora bersama Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti dan Ketua Umum National Olympic Committee (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari. 

Pada kloter terkahir, para atlet yang tiba di tanah air yakni, Ukun Rukaendi (Para Badminton), Famini (Para Atletik), Jaenal Aripin  (Para Atletik), Elvin Elhudia Sesa  (Para Atletik), Karisma Evi Tiarani (Para Atletik), Putri Aulia Para (Para Atletik), Setiyo Budi Hartanto (Para Atletik). 

Para atlet peraih medali perunggu adalah Fredy Setiyawan ( Para Badminton Men's Singles), Suryo Nugroho (Para Badminton

Men's Singles), Sapto Yogo Purnomo (Para Athletics Men's) sedangkan atlet peraih medali perak adalah  Dheva Anrimusthi  Peraih medali Perak Cabor Para Badminton Men's Singles 

Untuk para atlet peraih medali emas  Hary Susanto (Para Badminton Mixed Doubles), Khalimatus Sadiyah (Para Badminton Women's Doubles), Leani Ratri Oktila (Para Badminton Mixed Doubles, Para Badminton Women's Doubles, Para Badminton Women's Single). 

"Pagi ini kita kembali menerima kontingen Indonesia dengan rasa bangga dan rasa syukur pada tuhan Yang Maha Kuasa bahwa mereka sudah kembali ke Tanah Air dan juga telah membawa hasil dan mengukir prestasi yang membanggakan bangsa dan negara," kata Menpora dalam keterangannya yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Menpora RI. 

Dalam kesempatan itu, Menpora juga menyampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepada pelatih, pendamping, atlet, dan seluruh kontingen Indonesia tersebut, Jokowi berpesan akan disediakan waktu oleh orang nomor satu di Tanah Air untuk diterima langsung di Istana Negara setelah masa karantina selesai. 

Ia menjelaskan, hal yang membanggakan bahwa capaian yang telah diraih kontingen Indonesia mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Paralimpiade Rio  2016 lalu. Yang mana waktu itu, kontingen Indonesia memperoleh satu perunggu dan berada di peringkat 76.

Namun, dalam Paralimpiade Tokyo 2020 Amali menyebutkan para pahlawan olahraga Indonesia berada pada posisi 43 dengan perolehan 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu. 

"Alhamdulillah, target-target tercapai bahkan terlampaui, karena itu atas nama pemerintahan, saya ucapkan terima kasih kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia atas raihan prestasi khususnya para atlet semuanya," pungkas Menpora. *