Selasa, 20 Agustus 2019

OLAHRAGA

Ada Yang Baru Di Liga Inggris, Dari Mulai VAR Dan Kartu Merah Untuk Pelatih

news24xx


Logo Liga Inggris (Foto: Istimewa/Internet) Logo Liga Inggris (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Aturan baru Liga Inggris musim 2019-2020 sudah diberlakukan. Dikutip dari bolasport.com, Sabtu, 10 Agustus 2019 aturan itu dimulai tepat saat pembukaan, Jumat, 9 Agustus 2019 silam.



BACA JUGA : Tendangan Penalti Paul Pogba Gagal, MU Ditahan Wolves 1-1


Saat itu, aturan baru diterapkan saat laga pertama mempertemukan Liverpool Vs Norwich City di Anfield pada Jumat, 9 Agustus 2019 atau Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB.

Aturan baru itu seperti penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Dimana ada empat momen di mana wasit boleh meminta menggunakan VAR terutama saat terjadi gol, mengambil keputusan penalti, pemberian kartu merah, dan saat mengidentifikasi kesalahan pemain.

Selain itu, gambar VAR akan ditayangkan di Screen di Stadion dan dijelaskan oleh announcer untuk menjelaskan insiden yang terjadi. Peraturan baru lainnya saat pemain melakukan handball. Semua handball baik disengaja maupun tidak disengaja merupakan pelanggaran yang bisa diganjar tendangan bebas atau tendangan penalti.

Ketika pemain mendapat bola dari lawannya menggunakan tangan dan mencetak gol, maka gol tidak akan disahkan. Termasuk pagar betis saat tendangan bebas. Selama ini, tidak ada aturan soal pagar betis saat terjadi tendangan bebas, sehingga pemain lawan pun bisa masuk ke dalam pagar betis untuk menganggu pemain yang menjadi pagar betis. Namun aturan baru tidak memperbolehkannya.


BACA JUGA : Tekel Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah Sepakbola Dunia Di Catat Norbert Siegmann


Terakhir hukuman kartu untuk pelatih. Saat musim ini tidak ada lagi pelatih yang menampilkan sikap arogan saat berada di pinggir lapangan. Aturan ini karena hukuman kartu kuning dan kartu merah juga berlaku untuk pelatih pada Liga Inggris musim 2019-2020. Kartu merah diberikan pada pelatih yang menendang botol, menggunakan kata-kata kasar dan ofensif.