Perhatikan, Ini Arti Stiker Angka yang Ditempel Pada Buah dan Sayur Impor

Perhatikan, Ini Arti Stiker Angka yang Ditempel Pada Buah dan Sayur Impor

17 November 2018
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Jika kita berbelanja buah impor di supermarket pasti tidak asing lagi dengan stiker angka yang di tempelkan pada buah dan sayur impor. Ternyata seperti inilah arti kode angka tersebut. 

Pada 2012, International Federation for Produce Standards (IFPS) mengeluarkan Panduan Pemakaian kode Price Look Up (PLU). Banyak yang mengabaikan kode tersebut karena belum paham akan kegunaanya. 

Ternyata setiap kode yang ditempelkan pada buah impor memiliki arti dan kegunaan lho. lni dia arti kode pada stiker buah impor yang sebaiknya kamu ketahui, seperti dilansir laman idntimes, 10 November 2018.

1. Buah yang diawali dengan angka 9 

Buah yang diawali dengan angka 9 merupakan buah yang paling baik karena ditanam secara alami tanpa menggunakan pestisida, tentunya sangat aman untuk dikonsumsi. Nah biasanya banyak dicari nih sama pencinta makanan organik. 

2. Buah dengan kode 4 digit dan diawali dengan angka 3 atau 4 

Artinya buah ini ditanam dengan bantuan teknik agronomis, termaksud menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. Jadi untuk kamu yang membeli buah dengan kode ini jangan Iupa untuk mencuci buahnya dengan air yang mengalir ya! 

Loading...

3. Kode 5 digit diawali dengan angka 8 

Kode ini menunjukkan bahwa buah tersebut adalah hasil dari modifikasi genetika dan pastinya bukan alami lagi. Ditanam dengan cara konvensional menggunakan pupuk bukan organik. Biasanya buah pisang dan pepaya yang sering menjadi langganan rekayasa genetik. 

4. Bagaimana jika menemukan buah impor tanpa kode? 

Bagaimana jika menemukan buah impor yang tidak memiliki kode? Semua produk yang diimpor harus melaIui pelabelan khusus mengenai teknik produksinya sesuai dengan standar agar mudah dibedakan. Jika buah tersebut tidak memiliki label maka harus dipertanyakan kualitasnya.