Lewat Instagram, Presiden Jokowi Tanggapi Putusnya Akses Bukittinggi - Padang di Kayu Tanam

Lewat Instagram, Presiden Jokowi Tanggapi Putusnya Akses Bukittinggi - Padang di Kayu Tanam

13 Desember 2018
Postingan presiden RI Joko Widodo tentang terganggunya akses penghubung Bukittinggi - Padang.

Postingan presiden RI Joko Widodo tentang terganggunya akses penghubung Bukittinggi - Padang.

RIAU1.COM -Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkomentar tentang kondisi pascabencana yang melanda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), di mana menyebabkan terputusnya akses jalan penghubung antara Bukittinggi dan Kota Padang, tepatnya di wilayah Kayu Tanam.

Melalui akun instagram resminya, Jokowi menanggapi kondisi tersebut, Kamis 13 Desember 2018. Seperti diketahui, hujan deras yang melanda beberapa hari lalu menyebabkan terputusnya jembatan di Batang Kalu, Kayu Tanam. Jembatan itu vital, karena akses penghubung Bukittinggi dan Padang.

"Sudah dua hari jalur lalu lintas Kota Padang - Bukittinggi, Sumatra Barat terputus karena ambruknya Jembatan Batang Kalu di daerah Padang Pariaman. Jembatan itu diterjang air luapan Sungai Batang Ulakan setelah hujan lebat Senin malam lalu," postingan Jokowi.

Lanjutnya, jembatan ini begitu penting karena ruas jalan Kota Padang - Bukittinggi adalah jalur strategis, menjadi salah satu urat nadi perekonomian Sumatra Barat. lni jalur pariwisata ke Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, dan 50 Kota, jalur transportasi ke Provinsi Riau dan beberapa kabupaten kota lain, serta jadi jalur distribusi dan logistik pangan. 

"Karena itulah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) |angsung membangun jembatan sementara untuk selekas mungkin membuka kembali lalu lintas Kota Padang Bukittinggi," Presiden RI menyampaikan.

"Jembatan rangka baja itu tengah dirakit sepanjang 36 meter dan ditargetkan selesai dalam sepekan ini," Jokowi meyakinkan.

Jika jembatan sementara selesai, pemerintah segera menyiapkan desain jembatan permanen. Setelah melalui proses tender. "Mudah-mudahan bisa mulai dibangun bulan Maret 2019, dan akan rampung bulan September atau Oktober 2019," singkatnya pada akun Instagram.

Postingan presiden pun mendapat reaksi positif dari netizen. Mereka mendukung upaya pemerintah dalam hal infrastruktur. Hingga berita ini diturunkan, sudah ribuan komentar para warganet.