Sejarah 17 Januari: Perjanjian Renville Disepakati, Indonesia Rugi

Sejarah 17 Januari: Perjanjian Renville Disepakati, Indonesia Rugi

17 Januari 2021
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tepat hari ini perjanjian antara Indonesia dengan Belanda terjadi di atas kapal perang milik Amerika Serikat pada 1948.

Perjanjian ini merupakan salah satu usaha para pejuang demi mendapatkan kemerdekaan dikutip dari merdeka.com, Minggu, 17 Januari 2021.

Kesepakatan yang dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville tersebut banyak membuat Indonesia menderita kerugian. Diantaranya Belanda hanya mengakui Jawa tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.

Lalu disetujuinya sebuah garis demarkasi yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda. Dan yang terakhir TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Alhasil, Indonesia terpaksa mengubah bentuk negaranya menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS) yang merupakan negara persemakmuran Belanda. Salah satu syarat yang diajukan Belanda untuk dapat mengakui kedaulatan Indonesia.

Loading...

Artinya, Indonesia saat itu tidak sepenuhnya berdaulat karena masih memiliki keterkaitan kekuasaan dengan pemerintah Belanda.

Tak hanya itu, Indonesia juga harus mengubah sistem pemerintahan dan konstitusi negara dari presidensial, berubah ke sistem parlementer.