Menteri Termiskin Era Suharto Itu Bernama Ir Sutami

Menteri Termiskin Era Suharto Itu Bernama Ir Sutami

29 Januari 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Godaan sebagai menteri era Presiden RI ke-1 Ir Soekarno dan Presiden Ri ke-2 Soeharto tak membuat Ir Sutami gelap mata. Dinukil dari merdeka.com, Rabu, 29 Januari 2020, di akhir hayatnya dia malah menyandang gelar menteri termiskin era presiden Suharto.

Salah satu penyebabnya karena dia hanya memiliki 1 rumah yang dibayarnya dengan cara mencicil. Rumah itu terletak di Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Baru saat akan pensiun, rumah itu lunas dibayarnya.

Tak hanya itu saja, Sutami juga tidak merenovasi rumahnya. Padahal rumah tersebut sempat rusak, seperti atap dan banyak bekas bocor pada langit-langit rumah. Rupanya sudah lama rumah Sutami bocor.

Dia juga mengembalikan semua fasilitas negara termasuk mobil dinasnya saat lengser tahun 1978. Sutami meninggal dunia 13 November 1980 pada umur 52 tahun.

Selama menjabat sebagai menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, buah karyanya yang sampai sasaat ini dapat dinikmati diantaranya Gedung DPR, Jembatan Semanggi, Waduk Jatiluhur hingga Bandara Ngurah Rai, Bali.