Kamis, 18 Juli 2019

NASIONAL

Beredar di Medsos, Ini Penampakan Jembatan Mesuji Lampung-Sumsel Putus Total

news24xx


Ini penampakan Jembatan Way Mesuji Lampung-Sumsel yang jebol saat dilewati truk tronton, Senin dini hari WIB.  Ini penampakan Jembatan Way Mesuji Lampung-Sumsel yang jebol saat dilewati truk tronton, Senin dini hari WIB.

RIAU1.COM - Banyak beredar di Medsos jembatan Mesuji Lampung-Sumsel amblas saat dilewati truk tronton besar. 

Roda truk tronton sudah amblas terpuruk karena lantai alas jembatan jebol saat melintas. Sedangkan badan tronton tersangkut di bagian depan dan belakang. 

Gambar dan video tronton di atas jembatan yang amblas ini jadi viral di Medsos.

Saat ini Arus lalu lintas ruas Jalinsum Mesuji Lampung -Sumsel masih lumpuh total, hingga Senin, 17 Juni 2019 siang.

Pengendara yang lain disarankan untuk melewati jalur lintas tengah, sampai jembatan ini selesai diperbaiki kembali. 



BACA JUGA : Kominfo Gandeng Tokopedia dan Traveloka Kembangkan Umrah Digital

 

Lokasi jembatan ini dikenal dengan daerah  jembatan Way Mesuji.

Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo mengatakan bahwa jembatan Way Mesuji rusak parah karena dua truk besar berusaha melintasi jembatan itu bersamaan, sehingga sebagian badan jalan di jembatan itu ambles.

"Jebolnya jembatan itu karena dua truk bersebelahan saat melintas, yang membuat jalan aspalnya ambles," katanya, seperti dilansir Antara. 

Dua truk berwarna hijau dengan nopol BG 8629 ID bermuatan karnel sawit dari arah Palembang ke Lampung, sedangkan truk besar berwarna merah dari arah Lampung ke Palembang bernopol BG 8853 IC dengan muatan semen putih.

Jembatan itu ambles pada Senin dini hari pukul 00.30 WIB, mengakibatkan arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera Mesuji Lampung - Palembang lumpuh total.

"Muatan kedua truk itu sedang dibongkar, dipindah ke kendaraan lain agar truk itu ditarik," kata Kapolres.

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres AKP Hadly menuturkan bahwa truk merah dikendarai oleh Adi Irawa (43) dengan kapasitas 45 ton, sedang pengemudi truk Fuso hijau tidak ada sopirnya.

"Supir Fuso hijau kabur, sampai saat ini belum diketahui siapa orangnya, pintu mobilnya juga dikunci. Saat ini sedang kami cari. Kedua itu melebihi kapasitas," ujarnya.

Menurut Konsultan Bina Marga, Irfin Lubis, evakuasi truk terlebih dahulu dilakukan.


BACA JUGA : Gawat, Gempa Megathrust 8,8 SR dengan Tinggi Tsunami 20 Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Pulau Jawa

 
Menurut dia, setelah truk dievakuasi, segera dilakukan konstruksi sementara agar secepatnya bisa dilalui.

"Pekerja, alat, dan material telah kami siapkan. Kejadian ini bukan akibat jembatan rapuh, melainkan karena kendaraan overload melebihi kapasitas. Di sini juga kita sedang memperbaiki jembatan sebelahnya, sekitar 15 hari lagi baru selesai dikerjakan," katanya.

Arus kendaraan mengalami macet panjang.

Jembatan utama yang lebarnya 10 meter dan panjang 60 meter itu membentang di atas Sungai Way Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung dan Kabupaten OKI Sumatera Selatan.

R1 /Hee