Kamis, 18 Juli 2019

NASIONAL

Indonesia Pulangkan Sampah Popok Bayi Asal Amerika Serikat

news24xx


Pekerja sedang mengangkut sampah di Pasar Pagi Arengka (Foto:Zar/Riau1.com) Pekerja sedang mengangkut sampah di Pasar Pagi Arengka (Foto:Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM -Lima kontainer berisi sampah dipulangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK).

Dikutip dari suara.com, Sabtu, 16 Juni 2019, sampah-sampah tersebut berasal dari sebuah perusahaan Kanada dan dikapalkan ke Surabaya, Jawa Timur via Seatlle, Amerika Serikat dikirim pada bulan Maret lalu.

Dalam dokumen bea cukai, sampah tersebut hanya berisi kertas biasa. Namun setelah diperiksa dan dibongkar, malah berisi sampah lain seperti sampah plastik dan popok bayi.

"Ini jelas ilegal dan kami tak mau jadi tempat sampah," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun dan Berbahaya KLHK, Sayid Muhadhar.

Agar kejadian serupa tidak terulang, pemerintah kini sedang memeriksa pelabuhan-pelabuhan lain termasuk di Jakarta hingga Batam untuk mencegah sampah ilegal masuk ke tanah air.



BACA JUGA : Gara-gara Anggaran ASN Di Kerawang Dilarang Rapat Di Hotel



BACA JUGA : Air Asia Bagi Tiket Gratis, Syaratnya Foto Dalam Pesawat

 

Indonesia mengikuti jejak negara di Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Filipina menolak sampah ilegal dari Amerika Serikat.