Selasa, 17 September 2019

NASIONAL

Dampak Tiket Pesawat Mahal, Menkeu Sri Mulyani Minta PNS Efisienkan Perjalanan Dinas

news24xx


Pesawat Citilink di Bandara Halim. Foto: Kumparan.com. Pesawat Citilink di Bandara Halim. Foto: Kumparan.com.

RIAU1.COM -Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) diminta untuk kembali berhemat dalam melakukan belanja barang, utamanya pada pos perjalanan dinas (perdinas). Hal ini sejalan dengan mahalnya tiket pesawat dalam beberapa waktu terakhir.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dilansir dari Kumparan.com, Rabu (12/6/2019), mengatakan, pihaknya memang telah mengimbau para PNS di kementerian dan lembaga agar melakukan efisiensi belanja. Salah satu pos anggaran yang bisa dihemat adalah perdinas.



BACA JUGA : Sebanyak 2 Pesawat Tambahan Dikerahkan untuk TMC

Iklan Riau1

"Ya kita lihat, kan sebetulnya dari keseluruhan belanja kementerian dan lembaga untuk perjalanan dinas itu kita minta efisiensikan. Jadi mungkin kalau kenaikan tarif dari tiket-tiket, tentu nanti akan terlihat," katanya.

Namun, selain pos belanja perjalanan dinas, Sri Mulyani juga mengaku optimistis para PNS akan melakukan penghematan di pos belanja lainnya agar total belanja barang tidak melonjak.



BACA JUGA : BNPB Terapkan Strategi Baru Teknologi Modifikasi Cuaca

"Karena memang pesan kita untuk seluruh kementerian/lembaga perlu melakukan efisiensi dalam perjalanan dinas atau belanja barang secara keseluruhan, maka nanti kita akan lihat," jelasnya.

Adapun berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, hingga akhir April 2019, realisasi belanja barang sebesar Rp 65,2 triliun. Angka meningkat 9,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 59,4 triliun.





Loading...