214 Ribu Sekolah di Indonesia Akan Terhubung Internet Berkecepatan Tinggi

214 Ribu Sekolah di Indonesia Akan Terhubung Internet Berkecepatan Tinggi

25 Maret 2019
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (tengah). Foto: Antara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (tengah). Foto: Antara.

RIAU1.COM -Sebanyak 214 ribu sekolah, baik SMA, SMP, dan SD akan terhubung internet berkecepatan tinggi. Selain sekolah, ada 83 ribu kantor desa, 5.000 puskesmas, kantor polsek, dan koramil juga akan terhubung internet.

"Saat ini, ada 214 ribu sekolah yang belum terhubung internet. Tetapi nanti, tidak ada lagi sekolah yang tidak terhubung internet dengan kecepatan tinggi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dikutip dari Antara, Senin (25/3/2019). 

Pemerintah sudah menyiapkan pembangunan satelit. Satelit ini menghasilkan internet berkecepatan tinggi ini sejak dua tahun yang lalu.

"Bagaimana supaya semua sekolah bisa terhubung internet, pemerintah sudah menyiapkan dua tahun dengan membangun satelit, karena untuk menghubungkan internet ke sekolah, puskemas dan polsek serta koramil harus menggunakan satelit," katanya.

Pembangunan satelit memang membutuhkan waktu 6-7 tahun. Pembangunan satelit harus dimulai karena jika tidak, maka tidak bisa menghubungkan Indonesia.

"Jika ada satelit yang bisa disewakan, maka pemerintah akan menyewa agar Indonesia bisa merdeka lebih awal dari sinyal," ujarnya.