Senin, 25 Maret 2019

NASIONAL

Sejumlah Pemda di Tanah Air Berhasil Hemat Anggaran Rp110 Triliun dalam Dua Tahun Terakhir

news24xx


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. Foto: cnnindonesia.com. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. Foto: cnnindonesia.com.

RIAU1.COM -Dalam dua tahun terakhir, efisiensi anggaran dilaksanakan secara masif oleh pemerintah kabupaten, kota dan provinsi. Efesiensi anggaran itu terutama di sektor program dan kegiatan-kegiatan.

"Sejumlah pemerintah kabupaten, kota dan provinsi di Tanah Air berhasil menghemat anggaran hingga total mencapai sekitar Rp110 triliun dalam dua tahun terakhir," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin dikutip dari Antara, Kamis (14/3/2019).



BACA JUGA : Bulog Siapkan Anggaran Rp500 Miliar untuk Impor 10 Ribu Ton Bawang Putih

Dengan adanya kesadaran dari pemerintah daerah sendiri, ditambah asistensi dari Kemenpan-RB dan tim, maka banyak program pemerintah daerah yang hampir mirip, tumpang tindih, bahkan dobel telah dipangkas sedemikian rupa. Sehingga, anggaran yang diefisiensi dalam dua tahun (2017 dan 2018) mencapai sekitar Rp110 triliun.

"Contohnya Pemprov Jawa Tengah yang cukup signifikan memangkas atau mengefisienkan anggaran mencapai Rp1,2 triliun," ucap Syafruddin.



BACA JUGA : Warga Antusias Berfoto Bersama Pak Harto dan Ibu Tien di CFD

Di Pemprov Jawa Tengah, jumlah kegiatannya yang biasanya dalam setahun mencapai 4.000 lebih, telah diefisienkan tinggal 880 kegiatan. Hasil penghematan tersebut dimanfaatkan untuk program-program pro rakyat dan membangun infrastruktur.

"Kami sangat berharap efisiensi anggaran yang dilakukan pemerintah daerah untuk tahun ini bisa lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," harap Syafruddin.