Tujuh Perguruan Tinggi di Tanah Air Sedang Uji Coba Kuliah 'Online'

Tujuh Perguruan Tinggi di Tanah Air Sedang Uji Coba Kuliah 'Online'

19 Februari 2019
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. Foto:Tirto.id.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. Foto:Tirto.id.

RIAU1.COM -Uji coba pembelajaran secara daring atau "e-learning" mulai dilaksanakan pada bulan ini. Diharapkan, pembelajaran melalui online dapat diterapkan di lingkungan perguruan tinggi.

"Kuliah secara 'online' atau pembelajaran secara dalam jaringan (daring) dapat meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dikutip dari Antara, Senin (18/2/2019).

Kuliah "online" merupakan pembelajaran baru. Kuliah jenis ini tengah diuji coba oleh tujuh perguruan tinggi di Tanah Air.

"Perkuliahan dengan metode baru ini sejalan dengan kemajuan dan tuntutan zaman era globalisasi. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus bisa dikuasai oleh pendidikan tinggi," ucap Nasir.

Perguruan tinggi yang tidak bisa menguasai perkembangan teknologi yang semakin maju dan terus berkembang pesat akan tertinggal jauh. Kuliah "online" ini tengah diujicoba di tujuh perguruan tinggi yakni di Yogyakarta, Manado, Gorontalo, Pontianak, Banjarmasin, dan Banda Aceh.

"Dengan sistem perkuliahan daring ini, maka mahasiswa tidak harus datang ke kota (kuliah di kampus), tidak harus kos, termasuk tidak harus meninggalkan pekerjaan, namun tetap bisa menjalani aktivitas perkuliahan," tutur Nasir.