Kamis, 25 April 2019

NASIONAL

Soal Pengalihan FIR, Kemenhub Akan Negosiasi dengan Otoritas Singapura

news24xx


Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Asri Santosa. Foto: Antara. Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Asri Santosa. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan negosiasi dengan otoritas Singapura soal pengambilalihan Flight Information Region (FIR). Negosiasi akan melibatkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Dari sisi infrastruktur navigasi, kami sudah siap untuk pengoperasian FIR Singapura tersebut atau yang sering disebut sektor ABC," kata Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Asri Santosa dikutip dari Antara, Senin (11/2/2019).



BACA JUGA : Istrinya Bikin Postingan Hina Prabowo Subianto, Andre Taulany 'Diserang' Warganet

Dari segi peralatan, Indonesia sudah bagus. Jika perlu pembenahan, maka hal itu akan dibicarakan lagi dengan komite.



BACA JUGA : Diduga Stres Karena Selisih Surat Suara, Ketua KPPS di Malang Nekat Tusuk Perut Sendiri

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengatakan, upaya ini bukan hanya di Kemenhub saja, melainkan juga melibatkan banyak sektor, termasuk sektor pertahanan. Diplomasi antara Kementerian Pertahanan dikoordinir Kemenko Maritim diperlukan.

"Kami tengah menyiapkan regulasi terkait rencana pengelolaan FIR atau sektor ABC di ruang udara Kepulauan Natuna yang saat ini masih dikelola Singapura," ungkapnya.