Sabtu, 24 Agustus 2019

NASIONAL

Kabar Gembira, Cadangan Minyak Baru Ditemukan di Kabupaten Siak

news24xx


Ilustrasi. Ilustrasi.

RIAU1.COM - Kabar gembira datang dari PT Pertamina (Persero) dan PT Bumi Siak Pusako (BSP), selaku pengelola CPP Blok di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Hal itu setelah ditemukannya cadangan minyak baru yang berasal dari sumur Benewangi.

Melalui Badan Operasi Bersama (BOB), PT BSP-Pertamina Hulu, selama ini telah mengelola CPP Blok setelah diserahterimakan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) sejak beberapa tahun lalu.



BACA JUGA : 37.533 Jemaah Haji Sudah Tiba dengan Selamat di Tanah Air

Penemuan sumur baru tersebut telah diselusuri sejak 22 Desember 2018 lalu. Dari hasil tes yang dilakukan BOB, didapatkan minyak yang berasal dari sumur Benewangi #J-01 dengan total kedalaman 2800 ft MD. Minyak bumi ini mengalir ke permukaan secara alamiah (natural flowing) dari dua prospect lapisan.

Sejauh ini, pihak BOB PT BSP-Pertamina Hulu, masih mengevaluasi lanjut untuk menghitung besaran cadangan berikut produksi yang akan dihasilkan.



BACA JUGA : Kemkominfo Sebut Layanan Data Internet Diblokir Hingga Situasi Tanah Papua Normal

"Kalau kami melihat kondisi existing, kami dapat segera melakukan komersialisasi atau POP (Put On Production), dan harus segera dilakukan evaluasi agar dapat melakukan lagi pengeboran sumur lainnya disekitar sumur Benewangi ini," ujar Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Abdul Mutalib Masdar melalui keterangan resminya, Senin 11 Februari 2019.

Dilansir Riau1.com daru cnnindonesia.com, untuk tahap selanjutnya pihaknya akan menyiapkan strategi berikutnya berupa post drill analysis untuk memastikan jumlah cadangan yang sudah ditemukan dan kemudian melakukan produksi untuk komersial.

Sementara itu, General Manager BOB PT BSP-Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady menambahkan, pihaknya akan berusaha untuk terus mencari cadangan-cadangan minyak lainnya guna meningkatkan produksi nasional.

Kepada antara, ia menambahkan, penemuan cadangan minyak tersebut tidak mudah dilakukan. Sebelumnya, pihaknya mendapatkan beberapa kendala.

"Tapi akhirnya, semua berjalan sesuai rencana, aman dan berhasil dengan temuan cadangan," katanya.