Sabtu, 24 Agustus 2019

NASIONAL

KTP Elektronik akan Digantikan Kartu Identitas Elektronik Multiguna yang Diciptakan BPPT

news24xx


Petugas Kelurahan melayani warga saat pengambilan KTP-el. Foto: Antara. Petugas Kelurahan melayani warga saat pengambilan KTP-el. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Kartu identitas elektronik multiguna (e-ID) akan dibuat sebagai pengembangan lanjutan dari Kartu Tanda Penduduk (KTP). e-ID akan mempermudah masyarakat menikmati layanan karena bisa diakses melalui ponsel.

"Kami sudah mengusulkan peta jalan pemanfaatan e-ID ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri," kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza dikutip dari Antara, Jumat (8/2/2019).



BACA JUGA : 37.533 Jemaah Haji Sudah Tiba dengan Selamat di Tanah Air

e-ID adalah suatu metode pembuktian identitas seseorang secara elektronik. Karena secara prinsip, e-ID ini akan lebih luas pemanfaatannya daripada KTP elektronik.

Nanti, e-ID akan mendorong transaksi elektronik e-Service, tumbuhnya Fintech, maupun blockchain electronic payment, yang tentu berbasis pada identitas kependudukan.



BACA JUGA : Kemkominfo Sebut Layanan Data Internet Diblokir Hingga Situasi Tanah Papua Normal

"Dalam transformasi menuju digitalisasi layanan administrasi kependudukan, kami akan menyematkan berbagai fitur teknologi canggih," ungkap Hammam.

Teknologi yang akan disematkan termasuk face recognition (pengenal wajah), biometrik, mobile identity cloud artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan big data analytic.