Bukan Maret Ini, Penerimaan CPNS 2019 Rupanya Baru Akan Dibuka Pada Akhir Tahun

Bukan Maret Ini, Penerimaan CPNS 2019 Rupanya Baru Akan Dibuka Pada Akhir Tahun

24 Januari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerangkan, pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2019 bukan dibuka pada bulan Maret, melainkan diprakirakan pada akhir tahun 2019.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan seleksi yang akan dilaksanakan pemerintah pada Maret mendatang adalah cara yang dilakukan untuk mengisi kekurangan posisi di seleksi CPNS 2018. Artinya, pemerintah bukan membuka lowongan CPNS baru di Maret 2019.



Meski demikian ia mengatakan, bukan berarti pemerintah tidak membuka seleksi CPNS 2019. "Pemerintah akan tetap membuka seleksi CPNS 2019. Tapi pada akhir tahun ini, bukan pada bulan Maret. Hal itu telah dibahas oleh Menteri PAN-RB Syahruddin" kata Ridwan dikutip dari detik.com, Kamis (24/1/2019).

Di keterangan RDP (Rapat Dengar Pendapat) kemarin, kata Ridwan, Pak Menpan, Syafruddin, menjelaskan di tahun 2019 itu akan ada tiga event penerimaan.

"Satu di Februari PPPK khusus untuk tenaga honorer K2 di tiga bidang, yaitu guru, kesehatan, dan penyuluh pertanian Terus setelah Pilpres, akan ada event penerimaan PPPK untuk jalur umum. Setelah itu, mungkin di akhir tahun entah kapan baru CPNS 2019" tambahnya.



Menurut Ridwan, pemerintah tidak akan membuka lowongan CPNS menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) April mendatang. Karena, hal itu bisa mengganggu jalannya pesta demokrasi yang akan digelar.

"Prinsipnya kita nggak akan ada ramai-ramai menjelang Pilpres. Nanti mengganggu dan bisa disalahartikan oleh siapa pun," kata Ridwan.

Untuk skema pembukaan lowongan CPNS di akhir 2019 ini, Ridwan mengaku belum mengetahui bagaimana juknisnya, termasuk soal formasi yang akan dibuka. Dia mengatakan belum mendapatkan informasi secara rinci terkait rencana tersebut.