Kamis, 21 Maret 2019

NASIONAL

Bengkulu Dua Kali Diguncang Gempa Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

news24xx


Titik atau pusat gempa Kamis pagi tadi di Bengkulu (ist) Titik atau pusat gempa Kamis pagi tadi di Bengkulu (ist)

RIAU1.COM -Bengkulu-  Berselang 2,5 jam Provinsi Bengkulu diguncang dua kali gempa tektonik, pada hari ini. Gempa pertama terjadi di pulau terluar Bengkulu, Enggano, yang terjadi pada pukul 05.19 WIB. Kemudian, pada pukul 07.50 WIB, gempa mengguncang wilayah Kabupaten Seluma.


BACA JUGA : Video Viral Air Laut Terbelah di Suramadu, Ini Penyebabnya


Untuk di Seluma, gempa berkekuatan 3,2 Skala Richter (SR). Gempa itu berada di episenter pada koordinat 4.4 Lintang Selatan (LS) dan 102.03 Bujur Timur (BT), atau berjarak 85 kilometer (KM) Barat Daya, Kabupaten Seluma, dengan kedalaman 27 Km.

Sementara, gempa di pulau terluar Bengkulu, Enggano, Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, berkekuatan 3,5 SR, terjadi sekira pukul 05.19 WIB. Gempa di Enggano tersebut berada di episenter pada koordinat 4.67 LS dan 101.29 BT, di laut atau berjarak sekira 135 km Barat Laut Enggano, dengan kedalaman 61 km.


BACA JUGA : Viral di Medsos, Air Laut Terbelah di Bawah Jembatan Suramadu Jawa Timur


Gempa di wilayah Seluma dan Enggano, sampai PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera.

Meskipun demikian, imbau Sabar, masyarakat di Provinsi Bengkulu, khususnya di Seluma dan pulau Enggano, diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

''Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada, sebab gempa tidak tahu kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa,''  ungkap Sabar, Kamis (10/1/2019) dikutip dari antaranews.com.

Di tinjau dari kedalaman hiposenternya, sampai Sabar, gempa bumi di Seluma, gempa dalam kategori dangkal. Semenara gempa di pulau Enggano merupakan gempa bumi menengah. Meskipun demikian, gempa di Seluma dan pulau Enggano, tidak berpotensi tsunami. Terkait guncangan gempa bumi di Seluma dan Enggano, jelas Sabar, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,''  tutup Sabar.

R1/Toni