Kamis, 13 Desember 2018

MERANTI

Daftarkan Izin Usaha, Pemkab Meranti Mulai Terapkan Sistem Online

news24xx


Kabid Perizinan, H Khairudin SH./elpi/mad Kabid Perizinan, H Khairudin SH./elpi/mad

RIAU1.COM - SELATPANJANG - Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, bagi pengusaha atau pelaku usaha dapat mendaftar izin usahanya melalui Sisten Online Single Submission (OSS). Kemudahan sistem perizinan itu sudah diberlakukan pada Pemkab Meranti.

Melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) sudah menerima sebanyak 33 permintaan kepengurusan izin dari pengusaha. Namun semuanya masih belum divalidasi.

"Sistem kepengurusan izin melalui OSS sudah berjalan. Jumlah pemohon sudah mencapai 33 orang," ungkap Kabid Perizinan, H Khairudin SH.

Dijelaskan dia saat ditemui, Senin 19 November 2018 bahwa walaupun kepengurusan izin melalui sistem online, namun pemenuhan seluruh syaratnya tetap disampaikan secara manual. Sehingga nantinya dikroscek.

"Izin yang diajukan belum divalidasi. Berkas komitmen harus tetap dikirim kepada kita. Sehingga nantinya bisa kita kroscek kelengkapannya," ujarnya.

Menurutnya sistem ini nantinya akan terpusat secara nasional. Sehingga seluruh perizinan se-Indonesia bisa terdata.

"Jadi dengan pola ini izinnya dulu diberikan. Baru kelengkapannya. Jika dalam pemenuhan izin sesuai komitmen tidak berjalan, maka izinnya akan langsung dicabut secara otomatis," terang dia.

H Khairudin berharap agar kepengurusan izin melalui sistem OSS bisa berjalan dengan baik. Sebab akan memudahkan pengusaha yang memerlukan kepengurusan izin.***