DPMD Meranti Himbau Kades Semprot Disinfektan

DPMD Meranti Himbau Kades Semprot Disinfektan

7 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan, sebelumnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Meranti telah duluan mengintruksikan dan menghimbau kepada seluruh Kepala Desa (Kades) agar melakukan penyemprotan cairan disinfektan keseluruh tempat-tempat di Desa masing-masing.

"Iya, sebenarnya secara lisan kita sudah himbau sejak pertengahan maret lalu," terang Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Meranti Ikhwani melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Darwis, beberapa waktu lalu.



Dibeberkannya, himbauan tersebut juga lebih diperkuat dengan menindaklanjuti surat edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 08   tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).



"iya surat kemarin itu, menindaklanjuti surat edaran Menteri Desa," ungkapnya.

"Dimana arahannya sudah tertuang pada tugas relawan desa lawan Covid-19 pada poin ke empat, dimana berbunyi agar melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) ditempat umum," ungkap Darwis.

Sekedar informasi, sejauh ini sudah seluruh desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti telah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan.