Didominasi Tenaga Kesehatan, Berikut Rincian Formasi CPNS 2019 Kepulauan Meranti

Didominasi Tenaga Kesehatan, Berikut Rincian Formasi CPNS 2019 Kepulauan Meranti

22 Oktober 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti hanya mendapatkan jatah 121 formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti, Bakharuddin mengatakan kuota sebanyak 121 itu diperuntukkan untuk tiga bidang.

"Untuk tenaga pendidik sebanyak 22 orang, tenaga kesehatan 57 orang dan tenaga teknis sebanyak 42 orang," katanya, Selasa (22/10/2019).

Dikatakan bahwa kuota CPNS yang diberikan pada tahun ini memang masih jauh dari usulan yang disampaikan.



Sebelumnya Pemkab Kepulauan Meranti sudah menyampaikan usulan formasi kepada Pemerintah Pusat berdasarkan analisis jabatan dan sesuai dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun dan masuk masa pensiun.

Sebelumnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti sudah mengajukan sebanyak 200 formasi, dsn semua formasi itu sudah diinput melalui aplikasi E Buzzetting.

"Dari pengajuan formasi yang dilakukan itu tidak otomatis disetujui semua karena harus mempertimbangkan kondisi keuangan daerah," ujarnya.

Bakharuddin mengaku sudah mengusulkan anggaran untuk proses perekrutan CPNS baru tersebut. Dia menegaskan bahwa dalam perekrutan nanti, BKD hanya sebagai koordinator daerah saja.

Dia menjelaskan dalam proses perekrutan nanti tidak akan jauh berbeda dengan proses perekrutan sebelumnya. Dimana Pemkab Meranti hanya sebagai panitia daerah yang membantu proses perekrutan tersebut.



“Secara teknis kita hanya membantu menerima dokumen administrasi dari pelamar saja. Sementara, yang menyiapkan materi yang diujikan kepada pelamar disiap BKN sebagai perpanjangan tangan KemenpanRB. Termasuk yang melakukan seleksi dan memutuskan kelulusan,” ucapnya.

Ditanya pengumuman pembukaan seleksi CPNS 2019, berdasarkan informasi, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian (Inka), Said Solahuddin mengatakan, akan diumumkan secara resmi pada bulan Oktober ini.

"Untuk pendaftarannya itu nanti baru dibuka bulan November, tapi belum pasti tanggal berapa. Kita tunggu saja pastinya," ujarnya.

Meski begitu, lanjut Said, pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait penerimaan dan tahapan seleksi CPNS di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.