Rabu, 16 Oktober 2019

MERANTI

Ratusan Peserta Ikuti Jambore Ibu Hamil Puskesmas Alahair

news24xx


Ratusan Peserta Jambore Ibu Hamil Puskesmas Alahair Ratusan Peserta Jambore Ibu Hamil Puskesmas Alahair

RIAU1.COM - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Alahair, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau menggelar Jambore Ibu Hamil, di Ball Room Grand Meranti Hotel, Selasa (17/9/2019)

Kegiatan mengusung tema 'Maksimalkan Buku KIA Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Bagi Ibu Hamil dan Upaya Pencegahan Stunting'. Diikuti kurang lebih 210 orang ibu hamil beserta suami.

Kepala UPT Puskesmas Alahair, dr. Sista Nirmala mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan motivasi dan pengetahuan kepada ibu hamil, khususnya bagaimana pemahaman tentang kesehatan ibu hamil.

"Ini juga sebagai upaya kita dalam mencegah stunting sedini mungkin dari sejak ibu hamil," ungkap Sista Nirmala.



BACA JUGA : Lantik 5 Kades di Tasik Putripuyu, Ini Pesan Irwan

Iklan Riau1

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan tahun kedua dilaksanakan UPT Puskesmas Alahair. Dengan sasaran 210 orang ibu hamil beserta pasangannya, yang berada di wilayah unit kerja Puskesmas Alahair.

"Kita mengundang narasumber dari RSUD Kepulauan Meranti, yakni dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis anak. Ibu hamil dan pasangannya bisa menanyakan langsung apa yang mereka tidak tahu tentang permasalahan kehamilan, juga nanti ke balitanya," ujarnya.

Sementara itu, asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Rosdaner saat membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, kegiatan jambore ibu hamil perlu dilaksanakan guna meningkatkan kepedulian, komitmen dan aksi nyata terutama pemangku kepentingan terkait menurunkan angka kematian ibu dan bayi.



BACA JUGA : PJU Jalan Pramuka Selatpanjang Akan Dipasang Tahun Ini

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang menyukseskan kegiatan jambore ibu hamil dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan buku kesehatan ibu dan anak (KIA), sebagai sumber informasi kesehatan dalam upaya pencegahan stunting bagi balita," tuturnya.

Dijelaskan Rosdaner, buku KIA dinilai sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Karena berisi informasi kesehatan, pemantauan, pertumbuhan dan perkembangan meliputi imunisasi, gizi seimbang dan vitamin A.

"Ibu hamil yang memiliki buku KIA juga lebih sering melakukan pemeriksaan kehamilan dan bersalin di fasilitas kesehatan. Sehingga, bayinya lebih banyak mendapat imunisasi," ungkapnya.

 





Loading...