Kenaikan CPO Didorong Peningkatan Harga Minyak Bumi

Kenaikan CPO Didorong Peningkatan Harga Minyak Bumi

10 April 2019
Kelapa sawit

Kelapa sawit

RIAU1.COM - Harga minyak bumi yang meningkat pesat pekan ini mendorong harga CPO menjadi naik. Hal ini tentu membawa efek positif, akibatnya harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di Riau naik Rp34,97 persen menjadi Rp 1.510,05 per kg.

Kepala seksi Pengolahan & Pemasaran Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan Provinsi Riau Tengku Neni Mega Ayu mengungkapkan, hal ini bisa terjadi karena minyak bumi merupakan bahan baku solar yang menjadi saingan dari biodiesel yang berasal dari sawit.



"Aura positif damai dagang antara Amerika Serikat (AS) - China juga ikut mendorong kenaikan harga CPO. Selain itu perkiraan menurunnya produksi juga ikut memberi sentimen positif terhadap pasar" ungkap Neni, Rabu (10/4/2019).

Untuk minggu ini, kenaikan harga TBS Sawit juga disebabkan oleh akumulasi kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan sumber data.

Dimana, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp 85,50 per Kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar harga sebesar Rp 117,80 per Kg dan Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 87,27 per Kg.



Kemudian Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 88,67/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 70,35/Kg dari harga minggu lalu.

"Sedangkan untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp 19,60/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 22,73/Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 20,67/Kg dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 3,00/kg dari harga minggu lalu" tambahnya.