Banjir Bandang Petapahan Capai 1 Meter, Bupati Kuansing Perintahkan Kadis Sosial Salurkan Bantuan

Banjir Bandang Petapahan Capai 1 Meter, Bupati Kuansing Perintahkan Kadis Sosial Salurkan Bantuan

17 Juni 2021
Bupati Andi Putra mengunjungi Banjir Petapahan Gunung Toar /Zar

Bupati Andi Putra mengunjungi Banjir Petapahan Gunung Toar /Zar

RIAU1.COM -Curah hujan tinggi yang berlangsung Selasa malam (15/6) menyebabkan ratusan rumah di Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar dan Muara Lembu Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau terendam banjir.

Mendapat informasi tersebut, Bupati Kuansing Andi Putra SH MH langsung melakukan peninjauan lapangan, Rabu (16/6). Di Desa Petapahan Bupati Andi Putra SH MH di dampingi Camat Gunung Toar, Masyita Holia Citra SSTP, MSi serta Kepala Desa Petapahan.

"Kami masih melakukan pendataan jumlah rumah yang terendam banjir Pak," Ungkap Camat Gunung Toar, Masyita kepada Bupati. 

Menurutnya, Tadi malam saat kejadian, ketinggian air di rumah warga bervariasi, tapi rata rata mencapai 1 meter, Ujarnya. 

Namun saat ini, Katanya, Kondisi air sudah mulai surut, dan warga sudah terlihat mulai melakukan pembersihan, tambah Masyita.

Sembari memperhatikan kondisi rumah warga pasca di terjang banjir bandang, Bupati Andi Putra minta Pemerintah Kecamatan untuk melakukan pendataan segera. "Saya bahkan sudah perintahkan Kadis Sosial, untuk segera menyalurkan bantuan hari ini juga," Tegasnya.


Sementara, di Kecamatan Singingi juga terjadi banjir bandang akibat meluapnya sungai Singingi, yang melanda rumah warga di waktu yang sama.

Camat Singingi, Deflides Gusni melaporkan ada sedikitnya 136 rumah warga yang terendam banjir bandang Selasa malam. Tapi saat ini kondisinya sudah surut," Ujarnya via telp. 

"Alhamdulillah, atas perintah Pak Bupati bantuan dari Dinas Sosial sudah turun, akan kami salurkan segera," Ujarnya.

Kami atas nama masyarakat serta Upika Kecamatan Singingi, berterima kasih atas bantuan Pak Bupati," Tuturnya. (Zar)