Seniman Kuansing Ajak Masyarakat Buat Gerakan Sujud Bumi, Pada Hari Bumi dan Hari Tari Dunia

Seniman Kuansing Ajak Masyarakat Buat Gerakan Sujud Bumi, Pada Hari Bumi dan Hari Tari Dunia

7 April 2020
 Seniman dan Budayawan Nasional, Epi Martison/R24

Seniman dan Budayawan Nasional, Epi Martison/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Sempena dengan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2020, dan Hari Tari Dunia yang jatuh pada tanggal 29 April 2020 mendatang, untuk membuat gerakan Sujud Bumi.

Sujud Bumi ini dilakukan, sambil mendoakan mahkluk bumi agar dapat terhindar dari malapetaka. Kegiatan ini dapat dilakukan di rumah masing-masing, pada waktu yang bersamaan secara  serentak. " Sujud Bumi dapat dilakukan sambil mendoakan mahkluk bumi, agar dapat terhindar dari malapetaka," Ungkap Seniman dan Budayawan Nasional, Epi Martison, ketika dihubungi Riau24.Com melalui Watshap, Senin (6/4).

Menurut Putera asal Kuansing yang malang melintang di dunia seni, baik tingkat nasional maupun internasional menyebutkan bahwa hal ini terinsfirasi dari lenguhan lolongan sang dukun, dalam ritual menebang pohon untuk perahu (Tradisi adat dalam menebang kayu jalur) di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. 

Dimana Sang Dukun  memohon pada sang penguasa alam, sang penguasa rimba raya, sang penguasa roh pohon. " Sang Dukun Meminta izin untuk menebang satu pohon kayu pilihannya, dan dia berjanji apabila menebang satu pohon, maka akan tumbuh seribu pohon pengganti," Ujarnya.

Untuk itulah, Dirinya mengajak, Keluarga Tari Indonesia dan teman-teman Seniman Pertunjukan di seluruh Indonesia,  untuk bersama-sama  membuat Gerakan Sujud Bumi, pada Hari Bumi dan Hari Tari Dunia," Katanya.

Kepada para Seniman pertunjukan/Tari/ Penari/Koreografer, agar dapat mempersiapkan Video Tari Sujud Bumi, berdurasi 1 menit dengan Musik oleh : 
FB : Epi Martison 
IG @epimartison. " Ditayangkan secara serentak di Sosial Media masing- masing pada Hari Bumi (22/4), yang akan ditayangkan sebanyak tiga ka, yakni Pukul 06.30 Wib (Tayang 1), pukul  12.00 Wib (Tayang 2), dan pukul 18.00 Wib (Tayang 3)," Ujarnya yang juga Lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Jakarta, Jurusan Seni Pertunjukan," Tambahnya.

Dirinya juga mengingatkan, Jangan lupa menggunakan hashtag, seperti :
#sujudbumi 
#doauntukbumi 
#haribumi 
#damaidalamsatubumi
#tariIndonesia 
#dirumahaja 
#menaridirumah 
#senimantariindonesia 
#kampanyeharitarinasional
#Indonesiabahagia
#Indonesiabebascorona
#budayasaya

Begitu juga pada Hari Tari Dunia (29/4) juga akan digelar Video Tari, dengan tema bebas berdurasi 1 menit dengan iringan musik tari bebas. " Akan ditayangkan di Sosial Media masing-masing secara serentak pada pukul 19:00 WIB, dengan Tema (Doa Tari Indonesia, dan juga dapat dilakukan dengan hashtag, seperti : 
#worlddanceday 
#doatariindonesia 
#haritaridunia #haritarisedunia 
#tariIndonesia 
#dirumahaja
#menaridirumah  
#senimantariindonesia
#kampanyeharitarinasional
#Indonesiabahagia
#Indonesiabebascorona
#budayasaya
 (Zar)